SOLOPOS.COM - Persika Karanganyar (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah (Jateng) resmi meniadakan Liga 3 Jateng tahun 2020 menyikapi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Askab juga batal menggelar turnamen pengganti yang sempat diwacanakan bersama klub-klub Liga 3 dalam pertemuan akhir Oktober lalu. Persika Karanganyar yang sebelumnya telah serius mempersiapkan tim untuk kompetisi musim ini mengaku legawa dengan keputusan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aturan Baru Hajatan Pernikahan Kota Solo: Standing Party dan Makanan Dibawa Pulang

Ekspedisi Mudik 2024

Kepastian pembatalan kompetisi Liga 3 Jateng musim ini diketahui lewat edaran Asprov PSSI Jateng bernomor 283/PSSI-JTG/XI/2020. Dalam surat tertanggal 16 November tersebut, Asprov menyatakan Liga 3 Jateng tidak dilaksanakan tahun 2020 merujuk surat PSSI nomor 2285/PGD/223/X-2020.

Asprov mengatakan pelaksanaan kompetisi tahun depan menunggu keputusan PSSI lebih lanjut. “Pelaksanaan turnamen internal [pengganti] bagi klub Liga 3 Jateng juga tidak diselenggarakan,” ujar Sekretaris Asprov PSSI Jateng, Purwidyastanto, dalam edarannya.

Keputusan ini berimbas pada Persika Karanganyar yang telah membentuk tim sejak Agustus lalu. Klub berjuluk Singo Lawu itu juga telah menggelar sejumlah uji coba untuk memantapkan tim untuk Liga 3.

Asisten Manajer Persika, Tony Hatmoko, mengaku telah menerima surat dari Asprov yang berisi peniadaan kompetisi maupun turnamen musim ini. Menurut Tony, manajemen legawa dengan keputusan tersebut. “Pemain kan juga sudah diliburkan. Jadi tidak masalah,” ujar Tony saat dihubungi Solopos.com, Senin (16/11/2020).

Langkah Manajemen

Tony mengatakan manajemen belum berencana membubarkan tim bentukan Aris Budi Sulistyo. Pihaknya berupaya mempertahankan skuad yang ada untuk bersaing di Liga 3 Jateng 2021. Apalagi Gunawan Satria dkk. dinilai sudah makin solid dan berkembang sebagai tim.

“Mereka kan mayoritas anak-anak Karanganyar juga. Kami menunggu regulasi PSSI selanjutnya untuk pengumpulan tim kembali,” ujar lelaki yang juga anggota DPRD Karanganyar ini.

Kasus Covid-19 Klaten Melonjak Tajam, Hajatan dan Pembelajaran Tatap Muka Masih Boleh?

Sementara itu, klub Liga 3 asal Soloraya lain seperti Persebi Boyolali dan Klaten Galuh United sudah menyatakan mundur dari kompetisi jauh-jauh hari meski sempat menggelar persiapan.

“Kami sudah memperkirakan kompetisi musim ini tidak akan berlangsung karena Covid-19. Jadi lebih baik segera mundur untuk fokus tahun depan,” ujar Wakil Sekretaris Persebi, Romadhona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya