SOLOPOS.COM - Pelatih asal Italia, Vicenzo Alberto Annese (kedua dari kiri), saat diperkenalkan manajemen PSIS Semarang di mes PSIS Semarang, Jumat (23/3/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Liga 1, salah satu kontestannya, PSIS Semarang menggunakan jasa pelatih asal Italia.

Semarangpos.com, SEMARANG – PSIS Semarang akhirnya mengumumkan sosok pelatih kepala yang dipercaya membesut tim mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2018. Sosok pelatih itu adalah Vicenzo Alberto Annese asal Italia yang mengantongi Lisensi UEFA Pro atau sertifikat kepelatihan setara dengan beberapa pelatih kenamaan Italia, salah satunya Simone Inzaghi yang kini membesut klub Seri A, Lazio.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Dilansir dari situs Federasi Sepak Bola Italia (FICG), Simone Inzaghi mengantongi Lisensi UEFA Pro pada 2013 lalu. Sedangkan, Annese belum diketahui kapan mendapat lisensi kepelatihan yang dikeluarkan langsung oleh Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) itu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Seperti yang telah kami janjikan sebelumnya. Hari ini [Jumat, 23 Maret 2018], kami akan mengumumkan sosok pelatih yang akan menukangi tim mengarungi ketatnya kompetisi Liga 1. Dan pilihan kami adalah Vicenzo Alberto Annese,” ujar Direktur Utama PSIS Semarang, Khairul Anwar, saat menggelar sesi jumpa pers di mes PSIS Semarang, Jl. Semeru Dalam I, Semarang, Jumat.

Pemilihan Annese sebagai pelatih PSIS Semarang sebenarnya cukup mengejutkan. Hal itu dikarenakan Annese masih minim pengalaman dengan kompetisi di Asia, terutama Indonesia.

Meski demikian, CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, optimistis Annese mampu menangani skuatnya. Terlebih, Annese memiliki trek rekor melatih beberapa klub di Afrika dan Asia, serta memegang lisensi kepelatihan UEFA Pro.

“Pertimbangan kami memilih Annese karena dia merasa tertantang untuk melatih PSIS Semarang. Selain itu, dia juga punya visi dan misi yang kami sukai dan itu sudah dibeberkan saat presentasi kemarin,” beber Yoyok.

Sementara itu, Annese mengaku siap memberikan yang terbaik bagi PSIS Semarang. Ia memang belum mengenal karakter pemain PSIS Semarang, namun beberapa kali sudah melihat rekaman video permainan Haudi Abdillah dkk, saat tampil di Piala Presiden maupun Piala Gubernur Kaltim 2018.

“Saya rasa pemain PSIS cukup bagus-bagus. Saya juga sudah melihat permainan mereka dan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki segera,” ujar pelatih kelahiran 22 September 1984 itu.

Annese akan menjalani tugas pertamanya saat PSIS Semarang menantang PSM Makasar pada laga Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (25/3/2018). Padahal, pelatih berusia 33 tahun itu belum pernah sekalipun bersua Haudi Abdillah dkk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya