Liga 1 dan Liga 2 Bisa Ditonton di Stadion? Ini Jawaban Menpora

Menpora dan PSSI sepakat menyebut pelaksanaan kebijakan untuk menghadirkan penonton di stadion saat pertandingan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 masih membutuhkan waktu.

 Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kanan) berbincang dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) seusai memberikan keterangan pers terkait evaluasi penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/10/2021). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kanan) berbincang dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) seusai memberikan keterangan pers terkait evaluasi penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/10/2021). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan PSSI sepakat menyebut bahwa pelaksanaan kebijakan untuk menghadirkan penonton di stadion saat pertandingan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 masih membutuhkan waktu. Hal itu disampaikan kedua belah pihak setelah mengadakan pertemuan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

PromosiUmat Konghucu Sambut Tahun Baru Imlek dengan Lima Ritual Ibadah

Melansir Antara, Menpora menyebut karena masih dalam pembahasan, pemerintah dan PSSI belum memastikan kehadiran penonton di stadion dalam kompetisi itu. Selama masih dalam pembahasan, semua pertandingan hanya dapat disaksikan melalui televisi atau gawai.

“Kami baru diskusi dan belum memutuskan apa-apa. Jika sudah ada keputusan, kami tentu akan mengundang pihak-pihak seperti Kementerian Kesehatan, Polri dan Satgas Penanganan Covid-19/BNPB,” kata Menpora.

Baca Juga: Kejutan! Rival Persis Solo Dibekuk Persebi Boyolali di Laga Uji Coba

Politisi dari Partai Golkar itu lantas menyebut sejumlah hal perlu disiapkan untuk menghadirkan penonton selama Pandemi Covid-19. Di antaranya infrastruktur stadion, mengingat kondisi yang belum normal. “Semua harus jadi pertimbangan dan disiapkan dengan benar agar tak memunculkan masalah,” imbuh Zainudin.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, menyebut, pihaknya memang berencana mengundang sekitar 100-200 orang suporter untuk hadir dalam uji coba kehadiran penonton di stadion. Namun, kebijakan tersebut baru akan dieksekusi setelah PSSI dan LIB menuntaskan semua persiapan yang diperlukan seperti soal regulasi, sistem, dan kesiapan stadion.

“Tidak semua stadion di Indonesia memenuhi syarat, seperti misalnya soal penomoran kursi. Belum lagi tanda silang di bangku dan sebagainya. Selain itu, mesti disiapkan pula skema pemesanan tiket daring. Kami pun nantinya ingin semua penonton dites antigen. Lalu harus diantisipasi pula penumpukan penonton di luar stadion. Ini terus kami kaji dan kami memohon waktu karena tidak mudah,” tutur Iriawan.

Pihaknya mengaku bakal terus berkomunikasi dengan berbagai pihak demi mempercepat kajian tersebut, termasuk dengan Koordinator PPKM Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, penyelenggaraan sepak bola Liga 1 dan Liga 2 akan diujicobakan dengan kehadiran penonton. Menurutnya, hal ini merupakan penyesuaian berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.53/2021 untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-3 di wilayah Jawa-Bali dan Inmendagri No.54.2021 untuk PPKM level 1-3 di wilayah non Jawa-Bali.

“Akan dilakukan ujicoba penerimaan penonton langsung liga 1 di wilayah Jawa-Bali yang ditentukan oleh PSSI dan PT LIB,” kata Wiku mengutip laman covid19.go.id.

Baca Juga: Liga 1: PSS Sleman Dibekuk Persib Bandung 2-4

Dia menjelaskan, untuk pertandingan Liga 1 akan dilakukan satu kali sepekan dengan penonton maksimal 25% dari kapasitas stadion atau 5.000 orang. Penonton akan diskrining dan yang diperbolehkan masuk hanya yang berstatus hijau berdasarkan aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian, untuk pertandingan sepakbola di wilayah luar Jawa-Bali juga dilakukan uji coba penerimaan penonton langsung di Liga 2 dengan maksimum penonton adalah 25% dari kapasitas stadion atau 5.000 orang.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tikung Arsenal, Juventus Gaet Dusan Vlahovic dari Fiorentina

Dusan Vlahovic selangkah lagi akan diresmikan sebagai pemain Juventus. Pemain asal Serbia itu dikabarkan telah menjalani tes medis bersama Si Nyonya Tua.

Pekan Sambernyawa Digelar, Pengunjung Bisa Selfie dengan Piala Liga 2

Manajemen Persis Solo menggelar event bertajuk Pekan Sambernyawa sebagai bentuk perayaan perjalanan Persis Solo di Liga 2 musim 2021 hingga menjadi juara.

Berlabel Timnas, Pemain Muda Persib Bandung Gabung Persis Solo

Sebanyak empat pemain muda Persib Bandung bergabung dengan Persis Solo.

Jan Ethes Ikut Turnamen Taekwondo, Selvi Ananda Deg-Degan

Putra sulung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra, kembali tampil di turnamen taekwondo.

Lagi! Jan Ethes Raih Medali Emas Turnamen Taekwondo

Putra sulung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra berhasil menang dalam pertandingan bela diri taekwondo Piala Wali Kota Solo.

PBSI Rilis Daftar Atlet Pelatnas, Praveen/Melati Tersingkir!

Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tersingkir dari skuad Pelatnas PBSI tahun ini.

Catatan Jeblok Indonesia di Piala Asia Wanita: 0 Gol, 28 Kali Kebobolan

Timnas Putri Indonesia dipastikan tersingkir dari ajang Piala Asia Wanita 2022. Zahra Muzdalifah dkk. tersingkir setelah menjadi juru kunci Grup B.

Timnas Indonesia Gasak Timor Leste, Shin Tae-yong Kok Malah Kecewa

Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan atas Timor Leste dalam laga uji coba dengan skor 4-1. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong justru kecewa dengan penampilan anak asuhnya.

Persebaya Surabaya Tanpa 5 Pilar, PSS Sleman Tetap Waspada

Persebaya Surabaya dipastikan tidak bisa diperkuat lima pemainnya ketika menghadapi PSS Sleman pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021.

LIVE Indonesia vs Timor Leste: Selesai, Tim Garuda Menang 4-1

Timnas Indonesia menghadapi tantangan Timor Leste dalam laga uji coba di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Tersisih di Persis Solo, Rijal Torres Malah Moncer di Persiraja

Assanur Rijal atau yang dikenal sebagai Torres gagal menemukan performa terbaiknya selama membela Persis Solo dalam gelaran Liga 2 2021 lalu.

Persis Youth Fokus Asah Skill Individu Pemain Jelang Kompetisi

Direktur Teknik Persis Solo Misha Radovic menyebut peningkatan skill individu pemain Persis Youth masih sangat diperlukan.

Persis Youth Menangi Laga Uji Coba, Misha Radovic: Masih Ada Kekurangan

Persis Solo Youth terus menunjukkan tren positif menjelang kompetisi Elite Pro Academy (EPA) musim ini.

Madrid Incar Haaland, Dortmund Maunya Ditukar 3 Pemain Sekaligus

Borussia Dortmund dikabarkan tidak masalah striker andalannya, Erling Haaland, digaet oleh Real Madrid pada musim panas mendatang.

Catat Lur! Berikut Link Streaming Indonesia vs Timor Leste Malam Ini

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga persahabatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam.