SOLOPOS.COM - Pedagang sayuran di Pasar Condongcatur, Depok, Sleman. (Lingga Wijil Bhagaskara/JIBI/Harian Jogja)

Pasca perayaan tahun baru, sejumlah harga bahan pokok kembali normal

 
Harianjogja.com, SLEMAN- Pasca perayaan tahun baru, sejumlah harga bahan pokok kembali normal. Hal itu dibuktikan dengan turunnya harga bahan pokok di Pasar Condongcatur, Depok, Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa bahan pokok seperti beras, telur dan tomat sudah berangsur-angsur turun setelah pada libur tahun baru kemarin melonjak cukup tinggi.

“[Harga] bahan pokok beberapa sekarang sudah turun. Seperti beras kemarin naik dua ribu jadi Rp.13.500 per kilogramnya, sekarang sudah normal,” ujar Joko, salah satu pedagang sayur-mayur ketika ditemui pada Senin (15/01/2018).

Kenaikan harga bahan-bahan pokok tersebut dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya karena cuaca wilayah Jogja yang kurang baik pada saat itu.

“Karena hujan terus, beberapa hasil panen seperti tomat dan beras hasilnya kurang memuaskan. Jadinya, pengepul pun kekurangan pasokan bahan pokok yang kualitasnya baik. Bahkan, tomat yang normalnya hanya Rp10.000 per kilo naik 100%,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yesika, salah satu pedagang ayam. Pada saat tahun baru kemarin, harga ayam melonjak Rp4.000 rupiah menjadi Rp37.000 per kilogramnya.

“Karena dikasih harga dari pengepul sudah cukup tinggi, mau tidak mau saya juga ikut menaikan harga barang dagangan. Tapi, untuk sekarang harga ayam sudah normal kembali,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya