Liburan, Tiket Kereta Api Jarak Jauh 95% Terjual

Liburan, Tiket Kereta Api Jarak Jauh 95% Terjual

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Tiket KA banyak diburu masyarakat.

Solopos.com, SOLO — Tiket kereta api (KAI) diburu pelanggan saat libur panjang yang juga bersamaan dengan libur sekolah. Penjualan tiket jarak jauh saat ini telah mencapai 95%.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, menyampaikan saat ini ada ujian kelulusan sehingga ada beberapa siswa yang libur dan banyak di antaranya memanfaatkan libur panjang untuk berlibur. Menurut dia, dari 16.000-an kursi yang disediakan, sekitar 95% telah terjual.

“Biasanya kalau libur panjang load factor [tingkat keterisian] mencapai 100% dari yang biasanya hanya 70%-80%,” ujar Eko saat dihubungi Espos, Jumat (24/3/2017). Kenaikan penumpang ini tidak hanya terjadi untuk perjalanan jarak jauh dan jarak menengah tapi juga untuk KA lokal.

Oleh karena itu, selama libur panjang ini rangkaian Prambanan Ekspres (Prameks) yang digunakan adalah yang bisa mengangkut penumpang paling banyak dengan kapasitas 400-an dan 800 kursi. Eko menilai selama libur panjang ini penumpang Prameks bisa mencapai di angka maksimal, yakni lebih dari 13.000 orang/hari.

Lebih lanjut, Eko mengatakan saat ini layanan penjualan tiket Lebaran telah dilayani. Namun diakuinya penjualan tiket untuk H-10 hingga H-4 masih menyisakan banyak kursi karena rata-rata baru terjual sekitar 60%. Menurut dia, penjualan paling banyak akan terjadi Sabtu-Selasa (25-26/3/2017) karena menjual tiket perjalanan H-2 dan H-1 Lebaran.

Dia mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir server down saat pemesanan mulai dibuka pada pukul 00.00 WIB. Hal ini karena server telah diperkuat untuk melayani kunjungan yang padat. Pemesanan tiket ini bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Akses, call center, website KAI, dan external channel lainnya.

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Hendy Helmy, menyampaikan fasilitas di Stasiun Solo Balapan terus diperbaiki. Dia mengungkapkan April nanti skybridge yang menghubungkan stasiun dan Terminal Tirtonadi bisa digunakan.

“Saat ini penumpang di Stasiun Solo Balapan terus meningkat, fasilitas akan terus diperbaiki, seperti pengaturan loket telah diubah dan parkir juga akan diperluas, akan ada penambahan sekitar 2 ha sampai 3 ha untuk lahan parkir,” kata dia.

Dia juga mewacanakan terminal akan dibuat menjadi dua lantai, dimana lantai II khusus untuk ruang tunggu. Menurut dia, saat ini sedang dibuat desain mengenai tampilan Stasiun Solo Balapan yang baru. “Perbaikan dan kelengkapan fasilitas diperhatikan supaya pelanggan semakin loyal, jangan sampai kecewa dan beralih ke moda transportasi lain,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kabar Gembira, Bantuan Kuota Internet Berlanjut hingga November 2021

Bantuan kuota Kemendikbud 2021 diberikan kepada pelajar, guru, mahasiswa hingga dosen tiap tanggal 11-15 setiap bulan.

Kunjungi Solo, Anggota DPR ini Soroti Kesenjangan Capaian Vaksinasi Covid-19 Antardaerah

Kesenjangan capaian vaksinasi Covid-19 yang cukup lebar antara perkotaan seperti Solo dengan daerah penyangga menjadi sorotan anggota DPR.

Ada PPKM Level 4, Suroan dan Suran Agung di Madiun Kembali Ditiadakan

Forkopimda Kota Madiun telah menjalin kesepakatan dengan PSHT dan PSHW terkait peniadaan kegiatan Suroan dan Suran Agung.

Pesawat Presiden Indonesia Bersalin Warna, Seperti Apa Penampilan Pesawat Pemerintah Negara Lain?

Pesawat para pemimpin negara memang menarik sebagai bahan pengamatan. Bagaimana pun, pesawat itu menjadi simbol kewibawaan negara, sekaligus menjadi wahana promosi pula.

Jangan Lengah, Angka Positif Harian Covid-19 Masih Tinggi

Masih ada lima provinsi yang terjadi peningkatan kasus di atas 50 persen.

Lampu Penerangan 8 Ruas Jalan Sukoharjo Dipadamkan, Catat Lokasinya

Lampu penerangan delapan ruas jalan di Kabupaten Sukoharjo dipadamkan selama masa perpanjangan PPKM level 4 hingga 9 Agustus mendatang.

Stok Obat Covid-19 di Bantul Aman Hingga Pertengahan Agustus

Dinas Kesehatan Bantul memastikan stok obat untuk pasien Covid-19 aman hingga pertengahan Agustus kendati demikian tetap ajukan ke Kemenkes.

FOTO : Ganjar Pranowo Kunjungi Pasien Isolasi di GOR Klaten

Gubernur Jawa Tengah meninjau warga di lokasi karantina GOR Gelarsena Klaten

Kena PHK saat Covid-19, Warga Karanganyar Ini Bertahan dengan Kacang Ndelik

Awal Brehita membangun usaha camilan kacang ndelik berawal dari iseng.

Kesal Tak Dibawa Berobat ke RSJ, ODGJ Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ asal Sragen nekat bakar rumah sendiri lantaran kesal tak dibawa berobat ke rumah sakit jiwa

Spesifikasi Oppo Reno 6, Ponsel Dengan Fitur Bokeh Flare Potrait

Perusahaan asal China, Oppo, meluncurkan produk barunya yakni Reno 6 pada Selasa (27/7/2021), dengan spesifikasi yang menarik.

Warung Kosong Pinggir Jl A Yani Kartasura Sukoharjo Ludes Terbakar

Warung kosong di Jl A Yani, Kartasura, Sukoharjo, tepatnya di belakang toko Relasi Jaya ludes terbakar pada Rabu (4/8/2021) petang.