SOLOPOS.COM - Salah satu kawasan parkir di Jogja (Harian Jogja/JIBI/Desi Suryanto)

Salah satu kawasan parkir di Jogja (Harian Jogja/JIBI/Desi Suryanto)

JOGJA—Setiap liburan, persoalan tarif parkir di wilayah Jogja selalu saja dikeluhkan wisatawan. Pasalnya tarif parkir yang dibebankan jauh dari peraturan yang berlaku.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di kawasan ring satu, seperti Parkir motor misalnya, beberapa titik parkir di Malioboro, Pasar Beringharjo dan Taman Pintar, tarif parkir sepeda motor rata-rata mencapai Rp1.500-Rp2.000 per sekali parkir. Padahal, ketentuan Perda tarif tepi jalan umum untuk sepeda motor hanya Rp1.000. Pengenaan tarif itu sebenernarnya dilakukan di luar hari-hari libur.

“Biasanya Rp1.000 bayar parkir, tadi ditarik Rp1.500. Ya akhirnya bayar juga. Saya berharap agar dinas terkait benar-benar menegakkan aturan perda,” harap Amelia Laksmi, 26, warga Klebengan, Depok, Sleman di Taman Pintar, Sabtu (11/5).

Tidak hanya kawasan Taman Pintar, pelanggaran tarif parkir juga dikeluhkan wisatawan di kawasan Kebun Binatang Gembira Loka. Salah seorang wisatawan, Farurrozi, 35, mengaku kaget ditagih Rp10.000 untuk parkir mobil di sisi timur luar Gembira Loka. “Kaget betul. Masak parkir mobil saja Rp10.000. Saya kira paling mahal ya bayar Rp5.000,” ucap warga Ceper, Klaten itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya