SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Memasuki musim liburan tingkat keterisian pesawat (load factor) dari Solo mulai menunjukkan peningkatan. Selain itu, beberapa maskapai pun mulai menerapkan tarif tinggi selama masa peak season.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Petugas reservasi tiket Sriwijaya Air, Suci, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, akhir pekan kemarin menyampaikan musim peak season di Sriwijaya Air terjadi 15 Juni hingga 20 Juli 2012.  “Selama peak season ini, penerbangan Solo-Jakarta setiap hari Minggu dan Senin pasti penuh. Sementara, untuk Jakarta-Solo selalu penuh pada hari Jumat-Sabtu,” kata Suci.

Segmen pasar selama musim liburan ini lebih banyak didominasi kalangan keluarga. Kalau pada hari biasa, kalangan pebisnis lebih mendominasi.  Pada musim liburan, Suci mengatakan harga tiket yang ditawarkan lebih tinggi dari hari biasa. “Jika pada hari biasa harga tiket pesawat Sriwijaya Air terendah hanya berkisar Rp340.000 per tiket, pada musim liburan ini paling rendah Rp550.000 per tiket dan bisa mencapai di atas Rp1 juta per tiket,” papar dia.

Jadwal perjalanan reguler Sriwijaya Air dari Solo adalah tiga kali dalam satu hari, 07.00 WIB, 11.35 WIB dan 17.05 WIB. Pada musim liburan kali ini Sriwijaya Air justru tidak membuka penerbangan sore. “Direncanakan pengurangan jadwal penerbangan ini akan berlangsung hingga akhir bulan. Jadi, saat ini kami hanya jalan dua penerbangan saja.”

Sementara itu, Sales Manager Garuda Indonesia Solo, Endy Latief, mengatakan musim liburan kali ini rata-rata load factor penerbangan Garuda Indonesia dari Solo naik 3%. “Untuk periode satu bulan ini rata-rata load factor kami berkisar 81%. Naik 3% dari periode yang sama tahun lalu,” kata Endy.

Selama musim liburan ini, penumpang dari kalangan VFR (visit, family and representative) juga mendominasi sekitar 40%. Berbeda dengan maskapai lain yang menerapkan harga tinggi saat peak season, Endy mengatakan Garuda Indonesia justru menawarkan harga promo sepanjang tahun khusus berlaku selama musim liburan.

Harga promo tersebut berkisar Rp438.000 hingga Rp710.000 per tiket untuk perjalanan Solo-Jakarta. “Promo ini berlaku 1 April hingga 31 Maret 2013. Harga promo hanya berlaku saat musim liburan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya