SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustrasi. (dok SOLOPOS)

SOLO--Penumpang kereta api (KA) lokal alias KA jarak pendek membeludak selama tiga hari libur Imlek, Sabtu-Senin (21-23/1/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Kepala Stasiun Balapan Solo, Rachmad Zaini saat ditemui wartawan, di stasiun setempat, Senin mengatakan lonjakan penumpang KA lokal yakni KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan Madiun Jaya terjadi sejak Jumat (20/1/2012). Ia membandingkan, di hari biasa penumpang Prameks melalui Stasiun Balapan hanya berkisar 1.200 orang/hari namun  selama libur panjang kali ini jumlahnya mencapai 2.500 orang/hari atau naik dua kali lipat.

Kepala Humas PT KA Daop VI Jogja, Eko Budiyanto pun membenarkan lonjakan penumpang KA lokal tersebut.  Ia mengatakan di hari-hari biasa, penumpang ramai hanya tampak pada jam pagi dan sore hari  namun kini hampir 16 jadwal perjalanan KA Prameks dan Madiun Jaya penuh terisi.

“Kapasitas maksimal untuk Prameks adalah 155 orang di tiap gerbong penumpang. Biasanya penumpang untuk trip siang hari tidak sampai maksimal itu, tapi libur begini siang juga penuh,” jelas Eko.

JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya