SOLOPOS.COM - Pengunjung naik perahu di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Minggu (23/4/2023). (Muhammad Diky Praditia).

Solopos.com, WONOGIRI–Wahana perahu wisata menjadi favorit pengunjung di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri saat momen libur Lebaran seperti pada Minggu (23/4/2023). Selain harga tiket yang murah, pengunjung memilih wahana ini karena ingin menjelajahi perairan WGM.

Pantauan Solopos.com di objek wisata WGM Wonogiri, Minggu siang, banyak wisatawan l, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa yang mengakses wahana perahu wisata tersebut. Perahu-perahu berkapasitas 20 penumpang itu selalu terisi penuh.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Masing-masing penumpang diwajibkan mengenakan pelampung keselamatan.

Koordinator lapangan perahu wisata, Suwarsono, mengatakan ada 30 perahu wisata di objek wisata WGM. Sebanyak 16 perahu merupakan perahu carteran berkapasitas enam orang dan 14 perahu lainnya adalah perahu perorangan berkapasitas 20 orang.

Tarif perahu wisata carteran Rp100.000/putaran dengan tujuan ke kawasan budi daya ikan dan Pp150.000/putaran dengan tujuan ke bendungan. Sedangkan tarif perahu wisata perorangan Rp10.000/orang dengan tujuan ke kawasan budi daya ikan atau karamba.

“Kalau perahu wisata yang carteran itu biasanya untuk satu keluarga, sedangkan perahu wisata perorangan bisa siapa saja, asal sudah 20 orang,” kata Suwarsono saat berbincang dengan Solopos.com di tempat menaikkan penumpang perahu wisata.

Kepala UPTD Pengelola Wisata Wonogiri, Pardiyanto, mengatakan perahu wisata merupakan wahana paling digemari pengunjung di objek wisata WGM Wonogiri. Lebih dari 10% dari total pengunjung menjajal perahu wisata tersebut.

“Bisa dibilang belum ke sini [objek wisata WGM Wonogiri] kalau belum naik perahu wisata,” kata Pardiyanto.

Salah satu penumpang perahu wisata, Nova, mengaku senang bisa menjajal perahu wisata di objek wisata WGM. Dia bisa melihat dari dekat budi daya ikan di karamba WGM. Selain itu bisa menikmati angin dan pemandangan sekitar dari tengah waduk.

“Awalnya takut, soalnya ini kali pertama aku naik perahu. Memacu adrenalin. Tapi lama-lama setelah jalan beberapa lama begitu sudah enggak takut lagi. Bisa enjoy,” kata perempuan 18 tahun itu.

Nova menaiki perahu wisata dengan tarif Rp10.000/orang. Menurut dia harga tersebut cukup murah dibandingkan dengan pengalaman yang bisa didapatkan berkeliling ke karamba ikan di WGM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya