SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sebanyak 23 wisatawan di sepanjang Pantai Selatan terkena sengatan impes, Selasa (29/7/2014). Biasanya, orang yang terkena sengatan akan merasa nyeri-nyeri dan kepanasan. Namun, tidak menutup kemungkinan korban akan mengalami sesak nafas.

Ketua SAR Satlimas Pantai Baron, Marjono mengatakan korban yang paling banyak tersengat hewan laut itu terjadi di Pantai Kukup, dengan jumlah korban mencapai 14 orang. Kemudian disusul wisatawan di Pantai Sepanjang dengan korban tujuh orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sisannya di Pantai Gesing dan Sundak masing-masing ada satu orang yang tersengat hewan itu,” katanya kepada harianjogja.com, Selasa (29/7/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, Koordinator SAR Satlimas Pos Baron Wilayah Pantai Kukup, Bendi Sugiyanto mengatakan, dari 14 korban yang terluka tujuh diantaranya laki-laki dan tujuh lainnya perempuan. Umumnya, mereka yang tersengat merasa gatal-gatal dan nyeri disekitar area yang terkena sengatan.

“Langkah pertama kami memberikan pertolongan dengan menyemprotkan asam cuka atau alkohol dibagian yang sakit. Setelah itu, kami menyarankan kepada korban untuk minum kopi pahit,” ungkapnya.

Diakuinya, dari korban yang terserang hewan laut itu tidak ada yang mengalami luka serius. Pasalnya, sejumlah korban yang terserang, setelah mendapatkan perawatan di pos SAR langsung berangsur-angsur membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya