SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KLATEN--Kepadatan lalu lintas di Jl Jogja-Solo pada libur Natal kali ini meningkat 70% dari hari-hari biasanya. Kepadatan lalu lintas memicu terjadi kemacetan di sejumlah titik.

Pantauan Solopos.com, Senin (26/12/2011), kepadatan lalu lintas terlihat di beberapa titik di Klaten seperti di kawasan Pakis, Kepoh, Karangwuni, Bendogantungan, dan Prambanan. Bahkan, di kawasan Bendogantungan-Tugu Adipura Klaten, jalannya lalu lintas tampak padat merayap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beruntung petugas kepolisian dari Satlantas Klaten yang diterjunkan ke lokasi ikut membantu jalannya lalu lintas sehingga kemacetan tidak berlangsung lama. “Biasanya tidak sepadat saat ini. Mungkin karena bertepatan dengan liburan Natal dan menjelang Tahun Baru,” ujar Rohman, 28, warga yang berdomisili di kawasan Bendogantungan.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Yuswanto Ardi mewakili Kapolres Klaten AKBP Kalingga Rendra Raharja mengatakan hasil pemantauan Klaten Traffic Management Center (KTMC) di Polres Klaten memang terjadi penumpukan jumlah penumpang di beberapa titik di Jl Jogja-Solo. Menurutnya, terjadi peningkatan jumlah kendaraan hingga 70% dari hari-hari biasa di Jl Jogja-Solo saat liburan Natal kali ini. Penyebab kepadatan lalu lintas, kata Ardi, disebabkan durasi lampu lalu lintas yang kurang proporsional.

Untuk mengatasi masalah itu, pihaknya sudah menjalin koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten.

“Kami sudah meminta Dishub menjadikan lampu lalu lintas berkedip kuning di beberapa titik. Langkah ini efektif untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Kami juga sudah menerjunkan sekitar 120 personel untuk memantau jalannya lalu lintas di sepanjang Jl Jogja-Solo,” ujar Ardi.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya