Kategori: Leisure

Liburan Ke Karimunjawa


Solopos.com/BC

Solopos.com, JAKARTA--Salah satu tujuan wisata terpopuler di Jawa Tengah adalah Karimunjawa. Tempat yang hampir selalu ramai ini terletak di seberang Jepara. Karimunjawa dibuka sepanjang tahun, namun akan lebih baik bila Anda mengunjungi di waktu yang tepat.

Jika Anda berangkat dari Semarang, hanya ada 2 kapal speedboat yang beroperasi yakni Ekspress Bahari dan Siginjai. Kapal ini pun hanya beroperasi 1 kali setiap harinya.

Jika Anda ingin berkunjung ke Karimunjawa dari Jakarta, Anda harus menuju Semarang. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kereta api yang berdurasi kurang lebih 6 jam. Dari Semarang, lanjutkan perjalanan ke Jepara sebelum menyebrang ke pulau Karimunjawa.

Baca Juga: Tips Liburan Singkat Ke Sukabumi

Di sana, mode transportasi yang bisa Anda gunakan adalah motor yang bisa disewa seharga kurang lebih Rp70.000/hari. Tidak perlu khawatir untuk masalah hotel karena sudah ada banyak sekali hotel-hotel bagus dan bahkan yang bernuansa Bali di pulau Karimunjawa.

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di Karimunjawa. Mulai dari watersport hingga island hopping. Ada beberapa paket island hopping yang tersedia di Karimunjawa, umumnya Anda akan dibawa ke 4 pulau. 4 pulau ini adalah Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Pulau Cemara Kecil, dan Karang Tengah.

Di Karimunjawa itu sendiri, Anda dapat menikmati nightlife yang hidup di alun-alun Karimunjawa. Di sini, ada banyak sekali pasar malam dan tempat makan yang menyediakan seafood yang sangat segar.

Baca Juga: Merasa Lelah Setelah Rapat Virtual? Ini Penjelasan Pakar

Alam Laut Menawan

Karimunjawa memang tidak lepas dari alam lautnya yang menawan. Ada banyak pantai yang bisa Anda kunjungi selama di pulau ini. Beberapa pantai yang ramai menjadi kunjungan di sini adalah Pantai Anora, Pantai Tanjung Gelam, Pantai Bobi, Pantai Pancoran, dan Pantai Batu Topeng.

Di pantai-pantai ini Anda dapat berenang ataupun snorkeling. Untuk snorkeling, ada pemandu yang bisa Anda sewa per harinya. Hati-hati juga karena karang yang dangkal dapat melukai Anda. Selain itu, karang yang dangkal pun bisa rusak jika diinjak. Selalu perhatikan sekitar ketika sedang snorkeling.

Adapun budget yang umumnya dibutuhkan untuk liburan 3 hari 2 malam di Pulau Karimunjawa adalah sekitar Rp2.500.000 jika Anda menggunakan kereta api sebagai moda transportasi. Tentunya budget ini masih bisa ditekan tergantung dengan pengeluaran Anda selama di pulau dan juga akomodasi yang Anda pilih.

Baca Juga: Grab Caplok Saham Emtek Rp4 Triliun, Manuver OVO-DANA Akan Merger?

Kini memilih akomodasi tidak lagi sulit. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Traveloka dan cari akomodasi yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Tak cuma bisa temukan akomodasi terbaik di dekat Karimunjawa atau destinasi lainnya, dengan aplikasi Traveloka kamu juga bisa gunakan fitur CleanAccommodation untuk pilih akomodasi yang telah berkomitmen untuk menjalankan protokol serta standar kebersihan dan kesehatan sesuai dengan anjuran otoritas setempat sehingga pengalaman menginap tak hanya nyaman tapi juga aman.

Tunggu apalagi? Yuk, langsung saja liburan ke destinasi populer di Jawa Tengah ini dan nikmati keindahan bawah lautnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati