SOLOPOS.COM - Situasi lalu lintas di depan Terminal Karangpandan Karanganyar, Senin (23/12/2019). (Solopos-Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Dishub PKP) Karanganyar mengimbau pengemudi agar waspada terhadap rute tikungan menanjak di puncak kepadatan kendaraan saat liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

Diprediksi, puncak kepadatan kendaraan di jalur wisata puncak Gunung Lawu akan terjadi mulai H-3 tahun baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dishub PKP Karanganyar, Sundoro, mengimbau pengemudi selalu memperhatikan kondisi kendaraan saat menempuh jalur ke puncak.

Ekspedisi Mudik 2024

“Biasanya yang sering terjadi mereka mobilnya overheat, jadi akan mogok di tikungan tanjakan. Itu berbahaya karena akan memicu kecelakaan dan kemacetan yang panjang. Maka dari itu, selain mematuhi rambu dan peraturan, pengemudi juga harus waspada kemungkinan bahaya di jalur menuju puncak yang jenisnya tikungan tanjakan,” ucap dia kepada , Senin (23/12/2019).

Selain itu, Sundoro juga memprediksi pada liburan akhir tahun ini, jumlah kendaraan menuju kawasan wisata di puncak akan meningkat sebanyak 30 persen.

Hal ini didukung faktor libur panjang dan semakin banyaknya alternatif destinasi wisata di kawasan tersebut saat ini.

“Untuk angka saya masih belum bisa mengatakan akan berapa prediksi dan jumlah kendaraan di tahun sebelumnya. Tapi kami pastikan akan ada penambahan jumlah kendaraan yang melintas sekitar 20 persen hingga 30 persen. Banyak faktornya. Makanya kami imbau pengendara untuk berhati-hati dan memastikan kendaraan dalam kondisi baik,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya