Kategori: Sleman

Liburan, Jalur Utama Tempel Sempat Macet sekitar 1 Kilometer


Solopos.com/Sumadiyono/JIBI/Harian Jogja
Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

SLEMAN—Liburan, arus lalu lintas menuju Jogja dari arah Magelang meningkat cukup drastis. Kepadatan terlihat di jalur utama jalan Magelang, Tempel, hingga sub terminal Jombor.

Dari pantauan Harian Jogja hingga pukul 13.30 WIB,kemacetan cukup panjang sekitar satu kilometer terjadi di jalan Magelang setelah jembatan Tempel dari arah Magelang. Kendaran pun berhenti cukup lama.

Antrean kendaraan kebanyakan didominasi mobil pribadi dan bus pariwisata. Hampir sebagai besar berplat nomor luar daerah diantaranya, Jakarta, Semarang, Purwokerto, Bandung dan daerah lain di Jawa Tengah.

Kemacetan mulai terurai di perempatan Dengung Sleman. Sebagian kendaraan bertujuan Solo dan Surabaya memilih jalur alternatif  melalui jalur Donoharjo, sementara yang menuju kawasan barat, memilih jalur alternatif Kota Sleman, Cebongan dan Kronggahan.

"Bus umum belok di terminal jombor ke arah Kronggahan. Jalurnya memang dialihkan agar tidak macet karena ada pembangunan Fly over Jombor. Tapai kalau musim liburan ya sama saja macet," ujar Santoso, awak bus Maju Lancar jurusan Jogja Semarang.

Santoso menambahkan, meski arus lalu lintas meningkat namun secara umum tidak terlalu memengaruhi waktu tempuh Bus.

"Liburan seperti ini masih relatif normal, rata-rata dari Magelang 2,5 jam. Paling lama menjelang lebaran dan puasa bisa sampai tiga jam bahkan lebih. Karena semakin lama, penumpang pun jadi malas naik bus," papar dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Sumadiyono