Kategori: Wonogiri

Liburan Berakhir, 4.000-an Kaum Boro Wonogiri Balik ke Perantauan


Solopos.com/Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI – Ribuan kaum boro Wonogiri mulai kembali ke perantauan di akhir masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah penumpang keberangkatan di Terminal Giri Adipura Wonogiri yang hampir menyentuh 4.000 orang dalam sehari.

Berdasarkan data produksi terminal Giri Adipura Wonogiri, pada Sabtu (2/1/2020), jumlah penumpang keberangkatan sebanyak 3.999 orang. Tercatat ada 164 bus yang beroperasi pada hari itu.

Sedangkan pada Jumat (1/1/2021), jumlah penumpang keberangkatan sebanyak 1.963 orang, dengan jumlah bus yang beroperasi sebanyak 120 unit. Tujuan bus keberangkatan didominasi menuju wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Awas! Solo, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar & Wonogiri Zona Merah Covid-19

Sementara itu, penumpang kedatangan menunjukkan jumlah yang normal. Pada Jumat, terdapat 1.390 orang. Sedangkan pada Sabtu, terdapat 1.109 orang.

"Hari ini memang ada lonjakan penumpang keberangkatan. Masa libur Nataru kan juga sudah habis," kata Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, Minggu (3/1/2021).

Selain itu, kata Agus, lonjakan penumpang juga terjadi karena akhir pekan. "Biasanya akhir pekan memang ramai penumpang. Terlebih pada pekan ini dibarengi dengan habisnya masa libur Nataru. Tentunya terjadi kenaikan penumpang yang sangat signifikan," ungkap dia.

Garam Palsu Beredar di Wonogiri, Ini Ciri-Cirinya

Menurut Agus, dimungkinan puncak arus balik libur Nataru terjadi pada Minggu. Karena tiket di setiap agen bus sudah habis terjual.

"Pantauan kami dari agen-agen bus, tiket sudah terjual. Kemungkinan kaum boro yang menikmati libur Nataru balik pada hari ini," ujar dia.

Agus belum bisa memastikan berapa jumlah penumpang keberangkatan pada Minggu. Jumlah penumpang bisa diketahui esok harinya. Karena ada keberangkatan pagi, siang dan malam.

"Kami mengimbau kepada seluruh penumpang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, baik di dalam bus maupun di terminal. Ini demi kesehatan semua. Sehingga tidak ada penumpang yang terpapar Covid-19," kata Agus.

Bikin Resah, Warga Minta Judi Cap Ji Kia di Kavling Syariah Kalijambe Sragen Bubar

Berdasarkan data produksi Terminal Wonogiri, jumlah kumulatif penumpang kedatangan maupun keberangkatan selama Libur Nataru hampir seimbang.

Sejak 18 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, jumlah penumpang kedatangan bus AKAP sebanyak 29.869 orang. Sedangkan penumpang  keberangkatan mencapai 28.703 orang.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita