SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (Dok/JIBI)

Liburan akhir tahun biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian sehingga PT KAI mengoperasikan KA tambahan.

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjalankan tiga rangkaian kereta tambahan untuk melayani masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Natura) yang ditetapkan selama 17 hari, yakni pada 20 Desember 2015 hingga 5 Januari 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Hendy Helmy, mengatakan tiga kereta tambahan yang dioperasikan antara lain kereta api (KA) Argo Lawu Tambahan, KA Lodaya Tambahan, dan KA Sancaka Tambahan.

Sementara, puncak arus mudik libur Natura diperkirakan terjadi pada 27 Desember 2015. “Jumlah penumpang diperkirakan naik sekitar satu persen jika dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dari 4.950.503 orang menjadi 4.983.954 orang,” ungkap Helmy, Senin (9/11/2015).

Sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran perjalan juga disiapkan, seperti alat material untuk siaga (AMUS) di titik yang dianggap rawan banjir dan longsor serta melakukan pemeriksaan ekstra seluruh jalur lintasan KA.

Selain itu, PT KAI juga bekerja sama dengan instansi terkait untuk keselamatan di perlintasan sebidang.

Corporate Communications Manager PT KAI Daops VI, Gatut Sutiyarmoko, mengatakan penjualan kereta tambahan tersebut dilayani sejak Senin (9/11) pukul 00.00 WIB yang bisa dipesan melalui channel external, seperti mini market, website, payment point, dan aplikasi di smartphone.

“Hingga saat ini, tiket tujuan Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang untuk keberangkatan 20 Desember 2015-5 Januari 2016 sudah terjual hingga 50%. Khusus 27 Desember, tiket KA tujuan Jakarta sudah habis,” terang Gatut secara terpisah.

Dia juga mengatakan tiket KA Bogowonto dan KA Progo relasi Stasiun Lempuyangan-Stasiun Pasar Senen untuk keberangkatan 25 Desember 2015-4 Januari 2016 juga sudah habis.

KA tujuan Banyuwangi, KA Sritanjung, tiket keberangkatan 27 Desember juga sudah terjual. Sedangkan KA tujuan Surabaya, Bandung, dan Malang mulai 19 Desember 2015-7 Januari 2016, tiket masih tersedia.

Selama masa angkutan Natura ada beberapa tarif yang diberlakukan, yakni tarif public service obligation (PSO) atau subsidi untuk KA ekonomi, KA komersial mengacu pada tarif batas atas (TBA)-tarif batas bawah (TBB), KA tambahan sesuai tarif reguler yang searah, dan tarif parsial bagi beberapa KA komersial.

Tarif reduksi juga tetap berlaku bagi lansia (lanjut usia), pensiunan PT KAI, TNI/Polri, Veteran/LVRI, dan pegawai PT KAI.

Gatut berharap masyarakat segera mencetak tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) untuk menghindari hilangnya struk pembayaran dan antrean panjang menjelang keberangkatan KA.

Saat keberangakatan diharapkan bisa hadir satu jam hingga dua jam sebelum keberangkatan, menyiapkan kartu identitas asli juga disiapkan saat boarding di stasiun.

Lebih lanjut, dia mengatakan sebagai apresiasi kepada pengguna setia jasa transportasi KA, PT KAI memberikan kejutan berupa pembagian merchandise kepada pelanggan yang beruntung.

Merchandise yang diberikan berupa voucher gratis naik KA dan souvenir menarik yang diadakan di beberapa stasiun.

Berikut Daftar KA Tambahan Masa Angkutan Natura 2015-2016:
1. Argo Lawu Tambahan, melayani rute Gambir-Solobalapan dengan kapasitas 800 seat
2. Lodaya Tambahan, melayani rute Bandung-Solobalapan dengan kapasitas 912 seat
3. Sancaka Tambahan, melayani rute Surabaya Gubeng-Yogyakarta, kapasitas 912 seat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya