Libur Tahun Baru, Begini Macetnya Lalu Lintas di Jalur Tawangmangu Karanganyar
Arus lalu lintas di depan Terminal Tawangmangu, Karanganyar, mengular pada Rabu (1/1/2020) siang. (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Arus lalu lintas di jalur Karanganyar-Tawangmangu depan Pasar Tawangmangu dan Terminal Tawangmangu, Karanganyar, macet saat libur Tahun Baru, Rabu (1/1/2020).

Polisi lalu lintas memberlakukan sistem one way (satu arah) untuk memecah kemacetan yang terjadi antara pengendara yang naik dan turun kawasan puncak.

Pantauan Solopos.com, Rabu pukul 13.00 WIB, situasi kemacetan sudah terlihat dari simpang empat Terminal Wisata Karangpandan. Meskipun tidak terlalu panjang, para sukarelawan turun ke jalan membantu mengatur lalu lintas yang mulai padat di jalur tersebut.

Kemacetan kembali terlihat di jalur menuju Terminal Tawangmangu dari arah Matesih dan Sumokadu. Kemacetan memaksa Satlantas Polres Karanganyar menerapkan sistem one way di kawasan tersebut sejak pukul 08.00 WIB.

Perempuan Solo Ditemukan Menggantung di Tangga Mes Karyawan Klaten

Pengemudi yang turun dari puncak diberikan akses jalur utama dari Cicoa hingga Matesih dan Jalur Sumokadu. Sementara pengendara yang naik diarahkan menuju jalur alternatif melalui selatan SD Tawangmangu.

Sistem tersebut berlaku kecuali bus yang diarahkan naik melalui jalur utama namun harus transit dan menurunkan penumpang di Terminal Tawangmangu.

Jalur Karanganyar-Tawangmangu macet pada libur Tahun Baru, Rabu (1/1/2020). (Solopos/Candra Mantovani)
Jalur Karanganyar-Tawangmangu macet pada libur Tahun Baru, Rabu (1/1/2020). (Solopos/Candra Mantovani)

Salah satu pengendara yang beristirahat di Terminal Tawangmangu, Teguh, 45, merasakan kemacetan sejak dia berangkat naik ke Tawangmangu. Dia berwisata ke puncak untuk menghabiskan waktu libur Tahun Baru 2020 bersama keluarga.

“Tadi memang sudah padat sejak pagi. Kira-kira pukul 09.00 WIB sudah banyak kendaraan yang masuk. Tadi lewat Karangpandan sudah mulai macet. Terasa banget karena saya mengemudikan mobil,” beber dia.

Kali Jenes Meluap, Garasi Berisi 3 Motor dan 4 Sepeda di Pajang Solo Hanyut

Terpisah, Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Dewi Endah Utami, menjelaskan sistem one way diterapkan di Ngargoyoso dan Tawangmangu. Menurutnya, penerapan one way dimulai pukul 08.00 WIB lantaran sudah padat.

Arus lalu lintas diperkirakan kembali normal pada Kamis (2/1/2020). "Semalam kami juga terapkan one way di Tawangmangu tapi hanya dua jam untuk antisipasi kendaraan yang turun setelah perayaan. Untuk Rabu sampai sore juga masih diterapkan one way namun dari monitoring yang kami lakukan, arus kendaraan sudah berangsur normal,” kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho