SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

KLATEN- Menjelang libur sekolah yang jatuh pada akhir Juni, tiket kereta api (KA) tujuan Jakarta di Stasiun KA Klaten, ludes dibeli pelancong. Sejumlah pembeli pun kecele karena kehabisan tiket KA. Bahkan untuk tiket KA kelas ekonomi tujuan Jakarta, sudah habis dipesan hingga 25 Juni mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com di Stasiun KA Klaten, Senin (18/6), puluhan calon penumpang terlihat ingin membeli tiket di depan loket. Kebanyakan mereka sudah mengantri sejak pagi. Namun mereka kecele karena tiket sudah habis. Salah satu calon penumpang yang ingin bepergian ke Jakarta, Sri Rahayu, mengaku tak kebagian tiket lantaran datang terlalu siang ke stasiun.

“Besok (Selasa, 19/6) saya akan datang lagi ke stasiun lebih pagi agar kebagian tiket. Tapi kalau memang sudah tidak ada tiket lagi, terpaksa harus naik bus,” kata Sri Rahayu, Senin.

Hal senada juga diungkapkan calon penumpang lain, Dika Indah. Melihat banyaknya peminat yang ingin bepergian ke Jakarta di Stasiun KA Klaten menjelang liburan, ia justru ingin mengurungkan niatnya untuk berlibur ke Ibukota. “Kalau sampai mendekati liburan sekolah tidak mendapatkan tiket, rencananya liburan kali ini saya alihkan ke Surabaya, sebab tiket ke sana masih tersedia,” ujar Indah.

Terpisah, petugas humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarya, Eko Budiyanto, mengatakan penjualan tiket KA tujuan Jakarta memang mengalami peningkatan pembelian, terutama menjelang liburan sekolah. Peningkatan tersebut, kata Eko, mencapai 20 persen dibanding hari biasa. Apalagi, sambungnya, tiket KA kelas ekonomi saat ini bisa dipesan sepekan sebelum keberangkatan di loket stasiun.

“Menjelang libur sekolah, kami menambah KA kelas eksekutif Argodwipangga untuk mengangkut penumpang ke Jakarta,” terang Eko. Kereta itu, imbuhnya, beroperasi dua kali dalam sepekan. Sedangkan KA Sancaka akan ditambah rangkaian gerbongnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya