SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi Ilustrasi

 

Angka tersebut tersebar dibeberapa destinasi, mulai wisata alam Kaliurang, museum, candi dan desa wisata lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

 

Harianjogja.com, SLEMAN– Selama liburan panjang perayaan Paskah 2016, destinasi wisata di wilayah Sleman dikunjungi setidaknya 74.199 wisatawan. Angka tersebut tersebar dibeberapa destinasi, mulai wisata alam Kaliurang, museum, candi dan desa wisata lainnya.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman Endah Sri Widiastuti mengatakan, wisatawan yang datang didominasi wisatawan nusantara (Wisnus). Jumlahnya mencapai 72.851 wisnus. Sementara, hanya 1.348 wisatawan mancanegara (Wisman) saja yang menikmati libur Paskah kemarin. “Kaliurang menjadi destinasi paling banyak dikunjungi wistawan. Jumlahnya mencapai 14.233 wisatawan,” kata Endah, Selasa (29/3/2016).

Ketertarikan wisatawan ke kawasan Kaliurang bukan tanpa alasan. Selain menikmati wisata alam, para wisatawan juga dapat pengetahuan dengan keberadaan sejumlah museum di kawasan tersebut. Dia menyontohkan, selama libur tiga hari Museum Ullen Sentalu dikunjungi 2.320 orang. Sementara Museum Gunungapi Merapi didatangi oleh 4.123 orang wisatawan. “Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Monumen Jogja Kembali (Monjali) mencapai 5.545 orang,” tuturnya.

Selain kawasan Kaliurang, wisata candi dan keberadaan desa-desa wisata juga cukup banyak menyedot pengunjung. Selama libur Paskah, jumlah pengunjung ke Candi Prambanan 29.310 orang (28.106 wisnus dan 1.204 wisman), sementara yang mengunjungi Candi Ratu Boko sebanyak 4.384 (4.255 wisnus, 129 wisman). Adapun lima desa wisata yang dikunjungi meliputi Desa Wisata Tunggularum (250 orang0, Desa Wisata Pentingsati (184 orang), Desa Wisata Grogol (150 orang), Desa Wisata Sidoakur (120 orang), Desa Wisata Brayut (27 wisnus dan 10 wis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya