Libur Panjang, PT KAI Tambah Perjalanan Kereta Api Hingga 13%
Penerapan protokol kesehatan dengan pembatasan jarak di gerbong penumpang kereta api. (Istimewa/PT KAI Daops VI Yogyakarta)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia atau KAI menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan hingga 13% menyambut libur panjang Maulid Nabi Muhammad dan cuti bersama akhir Oktober.

Penambahan perjalanan KA ini berbanding lurus dengan kapasitas tempat duduk yang juga bertambah. Penambahan perjalanan KA ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang pada masa libur panjang akhir pekan.

“Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, kami siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA. Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” ujar VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, dalam siaran pers, Jumat (23/10/2020).

Begini Penampakan Kandang Ayam di Bendosari Sukoharjo Tempat Pembunuhan Yulia 

Joni memaparkan pada periode 27 Oktober 2020-1 November 2020 atau saat libur panjang PT KAI mengoperasikan KA jarak jauh sebanyak 505 rangkaian. Jumlah ini naik 13% daripada periode 20-25 Oktober 2020 yang hanya 448 KA.

Selain itu, KA jarak jauh itu antara lain KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi-Gambir pergi pulang (PP), KA Argo Parahyangan relasi Bandung-Gambir PP. Kemudian KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Jakarta Kota PP, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen PP, dan berbagai KA lainnya.

Kapasitas Tempat Duduk

Pada sisi lain, peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan. Jumlah tempat duduk KA jarak jauh pada 27 Oktober-1 November 2020 sebanyak 221.193 tempat duduk.

Tertangkap! Ini Sosok Terduga Pembunuh Yulia Yang Terbakar Dalam Mobil Di Sukoharjo

Jumlah itu seat pada libur panjang itu naik 13% daripada yang disediakan PT KAI pada periode 20-25 Oktober 2020 yakni 195.211 tempat duduk.

Masyarakat bisa memesan tiket KA jarak jauh tersebut mulai H-14 pada aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

“KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani penumpang pada libur akhir pekan Panjang. Protokol tersebut seperti harus dalam kondisi sehat dan menunjukkan surat bebas Covid-19 [tes PCR/rapid test] yang masih berlaku 14 hari sejak terbit,” imbuhnya.

Covid-19 Solo: Transmisi Lokal Terus Merebak, Kasus Konfirmasi Positif Tambah 20 Orang

Guna menjaga jarak antarpenumpang selama perjalanan, KAI hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Protokol Kesehatan

Menurutnya, masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi atau Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan KA jarak jauh pada libur panjang akhir pekan depan, yakni dari Stasiun Solo Balapan tersedia KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga.

Anggota DPR Eva Yuliana Apresiasi 2 Aplikasi Pelayanan Bapas Solo, Ini Kegunaannya

Sementara dari Stasiun Purwosari ada KA Bengawan. Selain itu, ada pula KA jarak jauh lintas (intercity) Daops yang menaikkan dan menurunkan penumpang dari dan ke Solo.

KA jarak jauh yang beroperasi berangkat dari Stasiun Solo Balapan, yakni KA Argo Lawu relasi Solo-Gambir untuk keberangkatan 16-19 Oktober, 22-28 Oktober, dan 30-31 Oktober. Kemudian KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo pada 16-19 Oktober, 23-28 Oktober, 30-31 Oktober.

KA Argo Dwipangga relasi Solo-Gambir pada 1-31 Oktober, dan KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo pada 1-31 Oktober. Sedangkan KA jarak jauh dari Stasiun Purwosari adalah KA Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen pergi pulang (PP).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom