SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Sepanjang libur Tahun Baru Hijriah dan cuti bersama akhir pekan ini tingkat keterisian penumpang pesawat terbang di sejumlah maskapai naik 10%-15%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiket promo yang ditawarkan pun ludes. General Manager (GM) Garuda Indonesia Solo, Flora Izza, menyampaikan dampak long weekend terjadi sejak Rabu (14/11/2012). Tapi, peningkatan arus penumpang dari Jakarta masih terasa hingga Jumat (16/11/2012).

“Hari ini load factor kami terutama dari Jakarta masih sangat bagus. Lumayan, masih bisa berlibur di Solo tiga hari sampai Minggu (18/11/2012),” kata Flora, saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Jumat.

Garuda Indonesia, kata Flora, menyediakan tarif promo mulai Rp395.500 pada flight tertentu khusus untuk penerbangan tanggal 15-17 November ini. “Ketersediaan tarif promo ini juga sangat terbatas. Dan respon pasar juga sangat bagus.”

Flora mengatakan Sabtu (17/11/2012) akan menjadi puncak peningkatan penumpang untuk rute Solo-Jakarta. Khusus Garuda Indonesia, Sabtu, penerbangan ketiga dari Solo pukul 11.30 WIB sudah mendekati 100%.

“Reservasi untuk hari Sabtu terutama penerbangan ketiga sudah mencapai 90%, dan hampir 100%. Jadi, load factor kami pada akhir pekan ini naik sekitar 10% dari akhir pekan biasanya yang berkisar 80%-85%,” imbuh Flora.

Salah satu petugas ticketing Sriwijaya Air, Fitri, menyampaikan penerbangan Sriwijaya Air Solo-Jakarta hari Minggu besok sudah penuh khususnya untuk penerbangan kedua dan ketiga, pukul 12.25 WIB dan 17.10 WIB.  “Sementara, untuk Sabtu ini relatif masih tersedia,” kata Fitri.

Direktur Komersial Trigana Air, Daniel Kurniawan, mengatakan selama libur Tahun Baru Hijriah dan cuti bersama ini load factor penerbangan Trigana Air khususnya dari Balikpapan ke Solo dan Semarang mencapai 95%, atau naik 10% dari hari-hari biasa. “Sehingga, tidak menutup kemungkinan pada akhir pekan ini rute penerbangan kami ke Kalimantan juga akan penuh. Mengingat, ada arus balik. Mayoritas penumpang kami adalah dari kalangan pekerja,” kata Daniel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya