Tutup Iklan
Libur Panjang Iduladha, Pusat Belanja di Solo Dipadati Kendaraan dari Luar Kota
Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Jumlah kendaraan masuk ke Kota Solo meningkat 15 persen seiring libur panjang Hari Raya Iduladha pada Jumat (31/7/2020). Ratusan personel kepolisian disiagakan di lokasi-lokasi rawan kepadatan lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Afrian Satya Permadi, mengatakan peningkatan jumlah kendaraan terpantau mencapai 15 persen dibandingkan hari-hari normal. Ia menyebut kendaraan berpelat nomor luar Kota Solo memadati pusat-pusat perbelanjaan.

"Sejak Kamis (30/7/2020) atau H-1 Iduladha sudah terpantau ada peningkatan jumlah kendaraan dari tiga ruas jalan, yakni Jl. Slamet Riyadi di Simpang Empat Faroka, Jl. Adi Sucipto Kawasan Tugu Makuto, dan pintu keluar Tol Klodran. Indikasi bisa dari pelat luar Kota Solo atau Pelat AD tapi luar Solo," papar dia mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai, Sabtu (1/8/2020).

Hewan Kurban Keluarga Soekarno Disembelih di DPC PDIP Solo

Afrian mengatakan selain menuju pusat perbelanjaan, para pemudik juga banyak yang hanya melintas lalu mengarah ke wilayah Kabupaten Karanganyar. Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan Polres lain agar menggelar pengaman secara estafet.

Ia menyebut pada saat libur hari raya Iduladha justru terjadi penurunan jumlah kendaraan melintas di Solo. Hal itu dikarenakan masyarakat fokus merayakan Iduladha bersama keluarga.

Menurutnya, berdasarkan laporan kawasan Pusat Grosir Solo (PGS), Beteng Trade Center (BTC), Jl. Dr. Radjiman, Nonongan, dan Pasar Klewer terpantau padat. Ia menegaskan kepolisian sudah ditugaskan di kawasan itu untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

Penyembelihan Sapi Kurban Presiden Jokowi di Masjid Agung Solo Sepi Penonton

Tim Patroli

Menurutnya, personel yang bertugas di TMC turut mengamati pergerakan lalu lintas Kota Solo. Tim itu juga bersiaga meluncur ke lapangan jika dibutuhkan mendadak mengurai kemacetan di Solo pada momen libur panjang Iduladha.

Ia menambahkan pengamanan malam Minggu di kawasan Jl. Slamet Riyadi, Gladak, Plaza Manahan, menjadi prioritas. Termasuk, operasi knalpot brong seperti pada saat malam takbiran lalu.

"Lokasi ramai masih sama, selain mengatur lalu lintas persiapan arus balik nanti kami mengingatkan soal protokol kesehatan juga," papar dia.

Tegas, Presiden AS Donald Trump Segera Larang TikTok?

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan meski di beberapa ruas jalan terpantau padat, namun arus lalu lintas masih mengalir. Ia menyebut tim patroli sudah diplot di beberapa lokasi untuk membantu kepolisian.

Hal senada juga diungkapkan Kabid Lalulintas Dishub Surakarta, Ari Wibowo. Dia mengatakan sudah menerjunkan dua unit tim patroli mobil serta motor untuk membackup anggota kepolisian yang ada dijalan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho