SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

BANDUNG–Hotel-hotel di Pangandaran dengan tingkat okupansi rata-rata hanya 29% per tahun memanfaatkan libur panjang Idul Adha kali ini untuk menaikkan tarif hotel.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan persentase okupansi hotel di Pangandaran masih kecil dan menilai penaikan tarif hotel merupakan sesuatu yang lumrah.

“Hal yang wajar mereka menaikkan tarif. Bandung saja persentase okupansinya bisa sampai 55%-65% untuk rata-rata satu tahun,” katanya kepada JIBI/Bisnis, Jumat (26/10).

Herman menyatakan penaikan tarif bergantung pada kebijakan setiap hotel. Pihaknya tidak mengatur secara tegas soal penaikan tarif tersebut. ”Kenaikan tarif itu tentunya disesuaikan dengan fasilitasnya,” ujarnya.

Dia menyebut Pangandaran memiliki kecenderungan hanya ramai pada masa liburan panjang atau long weekend seperti sekarang ini. Daerah wisata ini, katanya, masih didominasi wisatawan lokal, khususnya dari Jawa Barat, DKI Jakarta, dan sekitarnya. ”Kalau bukan liburan, biasanya hotel-hotel di Pangandaran itu sepi,” katanya.

Selain Pangandaran, kota-kota atau kawasan persinggahan lain di Jawa Barat yang meningkat kunjungan wisatanya, yaitu Bandung, Bogor, Subang, Kuningan, Cirebon.

”Okupansinya bagus. Seperti biasa saat masuk long weekend tingkat hunian hotel meningkat, pada penuh. Ini jadi keuntungan bagi hotel dan restoran,” ujarnya.

Tingkat hunian itu, katanya, mulai meningkat pada malam ini atau hari pertama Iduladha. Menurut dia,  hal itu karena para wisatawan memanfaatkan malam lebaran bersama keluarga. “Mereka shalat ied di daerahnya masing-masing. Baru pagi-pagi setelah salat Id, mereka pergi liburan,” tuturnya.

Untuk Kota Bandung sendiri, wisatawan yang datang sudah mulai meningkat sejak malam tadi. Persentase tingkat hunian hotelnya, ungkap Herman, mencapai 60% dan akan penuh pada malam berikutnya.

Dina Novia Faisal, Public Relation Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung, menyatakan okupansi tamu pada hari ini telah mencapai 95%. ”Penuh selama long weekend ini. Untuk tamunya masih didominasi dari Jakarta,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya