Libur Panjang, 3.500 Kendaraan Keluar dari Gerbang Tol Pungkruk Sragen
Arus lalu lintas di simpang tiga menuju gerbang tol Pungkruk, Sragen, terpantau lancar, Kamis (29/10/2020). (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Sekitar 3.500 kendaraan terpantau keluar dari gebang tol Pungkruk, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (28/10/2020). Sementara jumlah kendaraan yang terpantau masuk ke gerbang tol Pungkruk mencapai sekitar 2.900 kendaraan.

Pantauan Solopos.com, Kamis (29/10/2020), arus lalu lintas kendaraan baik yang masuk atau keluar tol Solo-Kertosono (Soker) terpantau lancar. Pada libur panjang tengah pekan hingga akhir pekan ini, kendaraan yang keluar dari gerbang tol masih mendominasi ketimbang jumlah kendaraan yang masuk tol via gerbang Pungkruk.

Operasi Zebra Candi 2020, Tidak Ada Cegatan Besar di Klaten, Tapi...

"Puncak arus lalu lintas terjadi pada Rabu atau H-1 jelang libur panjang akhir pekan. Pada hari ini [Kamis] sudah ada penurunan jumlah kendaraan. Kendaraan yang masuk tol turun hingga 80%, sementara yang keluar tol turun hingga 60% dibandingkan kemarin [Rabu]" papar Perwira Pengendali Pos Pantaun Gerbang Tol Pungkruk, Ipda Sigit Krisyanto, saat ditemui wartawan di lokasi.

Pada hari-hari biasa, kata Sigit, jumlah kendaraan yang masuk tol berkisar 100-200 kendaraan. Sementara jumlah kendaraan yang keluar tol rata-rata mencapai 500 kendaraan. Dengan begitu, ada peningkatan jumlah kendaraan cukup signifikan baik yang masuk maupun keluar tol Soker.

"Kebanyakan kendaraan yang keluar tol itu datang dari arah barat. Untuk puncak arus balik kami perkirakan terjadi pada Minggu [1/11/2020]," papar Sigit.

Libur Panjang, Pelaku Wisata di Klaten Jangan Kecolongan!

Ditemui terpisah, Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi, mengatakan Sragen memang tidak memiliki destinasi wisata yang mampu mengundang wisatawan dalam jumlah besar.

Kendati begitu, kata dia, Sragen menjadi daerah yang dilewati wisatawan terutama melalui jalan tol Soker. Atas dasar itu, Polres Sragen menempatkan petugas di empat rest area jalan tol dan di gerbang tol Pungkruk.

"Kami menyiagakan petugas di Rest Area 519 A dan B serta Rest Area 527 A dan B. A itu untuk jalur barat ke timur, sementara B untuk jalur timur ke barat," papar Kapolres.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom