SOLOPOS.COM - Kepolisian Resor Sukoharjo melaksanakan patroli di obyek wisata Batu Seribu saat libur Natal dan Tahun baru 2033 atau Nataru, Selasa (27/12/2022) (istimewa/Polres Sukoharjo).

Solopos.com, SUKOHARJO — Kepolisian Resor Sukoharjo gencar melaksanakan patroli obyek wisata di wilayah Sukoharjo selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memberikan peringatan kepada pengunjung yang berekreasi di tempat wisata untuk menjaga barang bawaan serta mengawasi anak-anak mereka.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Perhatikan barang bawaan saat tamasya libur Nataru, jangan lupa anak-anak untuk selalu diawasi,” kata AKBP Wahyu Nugroho saat dihubungi Solopos.com, Selasa (27/12/2022).

Kasi Humas Polres Sukoharjo, AKP Suparno, menjelaskan patroli di sejumlah obyek wisata merupakan bentuk pantauan dari Polres Sukoharjo untuk memastikan keamanan dan kelayakan wahana maupun tempat permainan.

Selain itu, pemeriksaan obyek wisata juga dimaksudkan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seiring dengan prediksi jumlah pengunjung bakal naik saat libur Nataru.

Baca juga: Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman, Polres Sukoharjo Gelar Bakti Religi di 4 Gereja

“Patroli dan pengecekan obyek wisata dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat berkunjung untuk menikmati libur Nataru,” kata AKP Suparno, Selasa (27/12/2022).

Melalui AKP Suparno, Polres Sukoharjo juga memberikan imbauan kepada pengelola memastikan kelayakan wahana rekreasi dan menyediakan perangkat keselamatan bagi para pengunjung.

“Di wahana wisata anak, disarankan agar anak-anak wajib didampingi orang tua atau pendamping dari pengelola obyek wisata. Sehingga jika terjadi masalah dengan anak tersebut bisa segera ditangani dengan cepat,” lanjut AKP Suparno.

Diberitakan sebelumnya, pengunjung di destinasi wisata Sukoharjo meningkat selama libur natal, salah satunya di Obyek Wisata Alam Batu Seribu di Pacingan, Gentan, Bulu, Sukoharjo.

Kepala Seksi Pariwisata, Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo Heri Prasetyo mengatakan jumlah kenaikan pengunjung tak hanya terjadi pada saat libur natal, melainkan juga saat libur sekolah.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Hits di Pekalongan

Tiket masuk lokasi wisata Alam Batu Seribu disesuaikan dengan Perda Sukoharjo, yakni Rp5.000 untuk masuk ke kawasan wisata, dan dikenakan Rp5.000 untuk masing-masing wahana taman dan kolam renang.

“Saat ini dan juga pada saat libur sekolah lumayan ada peningkatan pengunjung. Kami tidak menaikkan harga tiket, harga tiket masih sama sesuai perda. Imbauan perihal prokes selama liburan kami sudah sampaikan ke pengelola destinasi, PHRI [perhimpunan hotel dan restoran Indonesia] dan juga stakeholder,” terang Heri saat dihubungi Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya