GM Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Tengku Fernanda (kiri), menyampaikan kesiapan Pertamina Jateng-DIY menyambut libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Semarang, Senin (17/12/2018). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di wilayahnya saat masa libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Jaminan itu tak terlepas dari penambahan stok yang dilakukan Pertamina guna mengantisipasi lonjakan konsumsi baik BBM maupun elpiji saat libur Nataru.

General Manager PT Pertamina Jateng-DIY, Tengku Fernanda, memprediksi lonjakan konsumsi BBM tahun ini akan mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan ini menyusul hadirnya infrastruktur tol Jateng.

"Untuk stok BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax), stok kami tambah 11% dari rata-rata kebutuhan normal harian 10.561 kl, menjadi 11.754 kl. Sedangkan untuk elpiji kita tambah 10% dari konsumsi harian 3.206 mt menjadi 3.511 mt," ujar General Manager Pertamina Jateng dan DIY, Tengku Fernanda, kepada wartawan di Semarang, Senin (17/12/2018).

Selain menambah stok BBM jenis gasoline, Pertamina Jateng-DIY juga menambah stok BBM jenis avtur yang diperuntukan bagi pesawat.
"BBM jenis avtur stoknya kami tambah sekitar 7%, dari hari biasanya, sekitar480 kl menjadi 514 kl," imbuh Fernanda.

Kendati menambah sejumlah stok BBM jenis gasoline, Pertamina justru mengurangi jatah BBM jenis gasolie, seperti solar. Pengurangan jatah solar dilakukan mengingat adanya regulasi pembatasan operasi angkutan barang selama masa libur Nataru.

"Untuk produk jenis gasoil di wilayah Jateng, konsumsinya diprediksi turun 5% dari rata-rata harian sebesar 6.059 KL menjadi 5.778 KL," terang Fernanda.

Selain menambah ketersedian BBM dan elpiji, Pertamina juga membentuk satuan tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru 2019. Satgas ini mulai aktif beroperasi mulai 18 Desember 2018 - 8 Januari 2019, untuk memperkuat ketahanan distribusi BBM dan elpiji.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten