SOLOPOS.COM - Jajaran Direksi PT KAI Daops IV Semarang saat menggelar jumpa pers terkait kesiapan menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Jumat (18/12/2020). (Semarangpos.com/PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional atau KAI Daops IV Semarang menyediakan 56 perjalanan kereta api (KA) jarak jauh selama masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daops IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso mengatakan PT KAI telah menetapkan masa angkutan Nataru selama 20 hari. Yakni mulai 18 Desember 2020 hingga 6 Januari 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Selama periode itu [libur Nataru], kami memberikan perhatian ekstra di segala aspek operasional kereta api,” ujarnya di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (18/12/2020).

Di sisi prasarana, PT KAI Daops IV Semarang menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS). Di antaranya kereta mesin perawat jalan rel, bantalan rel, batu balas, karung pasir, rel bekas, dan lain-lain. AMUS ini disiapkan di seluruh wilayah PT KAI Daops IV Semarang guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama libur Nataru.

Pesta Tahun Baru Terlarang di Wilayah Polda Jateng

Selain itu, PT KAI Daops IV Semarang juga menambah personel di sepanjang jalur rel yang terdiri dari petugas penilik jalan (PJJ) ekstra sejumlah 59 personel. Kemudian penjaga perlintasan rawan 5 personel, dan penjaga daerah rawan bencana seperti longsor dan banjir sebanyak 18 personel.

Selain itu, PT KAI Daops IV Semarang juga akan menerjunkan petugas flying gank untuk mencegah terjadinya gangguan perjalanan KA. PT KAI Daops IV Semarang juga akan menyediakan 56 KA jarak jauh dan KA lokal selama libur Nataru.

“Masyarakat yang akan menggunakan KA jarak jauh harus menunjukkan surat bebas Covid-19 yang masih berlaku. Atau surat keterangan bebas gejala influenza yang dikeluarkan dokter rumah sakit atau peskesmas,” imbuh Nurul Huda.

Jokowi: Vaksin Covid-19 untuk Seluruh Rakyat Indonesia, Bukan Hanya Anggota BPJS

Tes Swab Antigen

Disinggung kebijakan tes swab antigen, PT KAI Daops IV Semarang belum bisa memberikan kepastian. Apakah akan menerapkan kebijakan tersebut bagi penumpang kereta atau tidak saat libur Nataru.

“Sampai saat ini kami masih menunggu keputusan lebih lanjut dari pemerintah. KAI sebagai operator moda transportasi kereta api selalu patuh terhadap aturan pemerintah. Kami mendukung segala upaya pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19,” ujarnya.

Malam Tahun Baru, Semua Akses Masuk Kota Solo Disekat Polisi

Huda menambahkan selama ini PT KAI tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan baik di stasiun maupun selama perjalanan. Tak hanya menyediakan wastafel dan hand sanitizer untuk cuci tangan. PT KAI juga rutin menyemprotkan cairan disinfektan di stasiun maupun kereta. Jadi bukan hanya saat libur Nataru saja.

“Kita juga menciptakan jarak antarpenumpang pada antrean, kursi ruang tunggu, serta membatasi tiket yang dijual. Yakni 70% dari kapasitas tempat duduk,” tuturnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya