SOLOPOS.COM - dokumentasi

dokumentasi

JAKARTA—Libur panjang Natal hingga Tahun Baru berpengaruh dengan pengoperasian busway, Transjakarta. Bus Transjakarta terpantau tetap beroperasi seperti biasanya pada perayaan natal tahun ini. Perubahan jadwal operasi baru terjadi pada 31 Desember mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti tahun sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono menjelaskan menjelang pergantian tahun, operasional busway akan dipersingkat.

“Kalau natal tetap normal. Nanti pas tahun baru hanya akan beroperasi sampai magrib saja, sama seperti tahun lalu,” ujarnya, Selasa (25/12).

Jika biasanya bus Transjakarta beroperasi mulai pukul 05.00-23.00 WIB, pada 31 Desember akan berakhir pada 18.30 WIB. Masyarakat diharapkan dapat menyesuaikan jadwal operasional tersebut.

Seperti diketahui, akan ada penutupan jalur di sepanjang Jl. Sudirman-Thamrin-Medan Merdeka Barat untuk acara car free night. Meskipun begitu, Pristono memastikan bukan hanya busway Koridor I (Blok M-Kota) saja yang dibatasi, pembatasan operasi dilakukan untuk seluruh koridor.

“Ini untuk kehati-hatian, menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. Apalagi situasi lalu lintas di Ibu Kota diprediksikan akan mengalami kemacetan cukup parah karena akan banyak warga yang merayakan tahun baru di luar rumah,” tuturnya.

Laju bus Transjakarta akan terganggu, jelasnya, disebabkan kemacetan yang terjadi. Penghentian operasional busway, sambungnya, hanya bersifat sementara. “Hanya satu hari ini saja, selanjutnya normal kembali.”

Sebagai alternatif, dia menyatakan masyarakat bisa menggunakan angkutan umum lainnya untuk berpergian. Selain itu, kesempatan ini bisa menjadi waktu luang bagi petugas busway untuk turut merayakan malam tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya