Para pengunjung memadati salah satu destinasi wisata di Kota Semarang, yakni Taman Lele, Sabtu (9/6/2019). (Semarangpos.com-Disbudpar Kota Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Semarang Zoo menjadi objek wisata paling diminati di Kota Semarang selama masa libur Lebaran 2019. Bahkan selama tiga hari masa libur Lebaran, Rabu-Jumat (5-7/6/2019), kebun binatang yang terletak di Jl. Raya Semarang-Kendal, Kecamatan Ngaliyan, itu dipadati pengunjung mencapai 26.175 orang.

Semarang Zoo bahkan mampu mengungguli objek wisata unggulan lain di Kota Semarang seperti Sam Poo Kong, Grand Maerakaca, Goa Kreo, hingga Lawang Sewu.

Selama tiga hari masa libur Lebaran, angka kunjungan di Sam Poo Kong mencapai 12.474 orang. Sementara Lawang Sewu mencapai 11.647 orang, Grand Maerakaca 8.971 orang, dan Goa Kreo sekitar 7.739 orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, mengatakan total jumlah kunjungan wisatawan di 11 objek wisata berbayar di Kota Semarang selama tiga hari libur Lebaran mencapai 79.301 orang. Meski demikian, jumlah itu diyakini belum seluruhnya karena masih ada beberapa objek wisata non-profit di Kota Semarang yang juga dibanjiri pelancong selama masa libur Lebaran kali ini.

“Kan objek wisata di Semarang yang tidak berbayar itu banyak sekali, seperti Bridge Fountain, kawasan Simpang Lima, dan Kota Lama. Pada libur Lebaran kali ini, tempat wisata seperti itu juga dipadati pengunjung baik dari dalam maupun luar kota. Intinya, tahun ini Semarang sudah menjadi salah satu kota tujuan wisata, terutama bagi para pemudik,” ujar Indriyasari kepada Solopos.com, Sabtu (8/6/2019).

Perempuan yang akrab disapa Iin itu menambahkan untuk objek wisata berbayar, Semarang Zoo memang paling diminati. Hal itu karena Semarang Zoo menawarkan konsep liburan keluarga, dengan biaya atau tiket masuk yang murah meriah sehingga familiar dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Di Semarang Zoo itu menawarkan konsep piknik keluarga. Biasanya yang datang itu rombongan. Mereka kumpul-kumpul di sana sambil menikmati berbagai atraksi, seperti event hingga aneka satwa. Lokasinya yang luas sangat cocok untuk kumpul keluarga,” ujar Iin.

Iin memprediksi jumlah kunjungan wisatawan di Kota Semarang itu akan terus meningkat. Ia memperkirakan puncak kunjungan wisatawan di Semarang akan terjadi pada Sabtu ini.

“Meski demikian, kita punya strategi untuk memperpanjang kunjungan wisatawan hingga Minggu [9/6/2019] nanti. Salah satunya dengan menggelar berbagai event di lokasi wisata, seperti Festival Goa Kreo di Goa Krea yang digelar Minggu nanti, dari pagi hingga siang,” beber Iin.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten