Wisatawan snorkeling di Umbul Ponggok Klaten. (Umbulponggok.com)

Solopos.com, SOLO — Umbul Pongok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng) bisa jadi pilihan destinasi wisata pada libur Lebaran 2019 ini. Objek wisata air di Kabupaten Klaten tersebut menawarkan sensasi snorkeling atau menyelam bagi para wisatawan yang datang.

Agar selamat saat snorkeling, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di bawah ini, Solopos.com menyajikan sejumlah tips ber-snorkeling di Umbul Ponggok Klaten:

1.Bersihkan Alat Snorkeling Sebelum Dipakai
Di Umbul Ponggok, tersedia penyewaan alat untuk wisatawan yang akan ber-snorkeling. Alat snorkeling yang disewakan itu tentu sudah berulang kali dipakai banyak orang.

Pengelola Umbul Ponggok, melalui laman Umbulponggok.com, menyarankan para wisatawan agar membersihkan terlebih dahulu alat snorkeling yang disewa sebelum dipakai, meski sebenarnya sudah dibersihkan oleh penyedia jasa sewa. Hal itu guna mencegah penularan penyakit dan juga menghindari bau tak sedap pada alat snorkeling.

2. Cek Kondisi Alat
Sebelum digunakan, alat yang disewa untuk snorkeling di Umbul Ponggok sebaiknay dicek terlebih dahulu. Pastikan alat snorkeling mampu membuat penggunanya bernapas dengan leluasa. Jika ada yang retak, air bisa merembes masuk dan mengganggu pernapasan pemakainya.

3. Pelajari Dulu Teknik Clearing
Terkadang, masker atau snorkel bisa kemasukan air saat digunakan. Hal ini bisa terjadi karena masker tak terlalu pas terpasang saat masuk ke perairan yang lebih dalam. Dengan teknik clearing, Anda bisa membersihkan air yang masuk tanpa melepas masker dan snorkel.

Untuk melakukan masker clearing alias membersihkan masker dari air, pengguna hanya perlu tarik napas dalam-dalam melalui mulut, lalu hembuskan kuat-kuat dengan hidung sampai udara bercampur air keluar dari masker. Jika ingin memberisihkan tabung snorkel, hembuskan udara kuat-kuat melalui mulut sampai air keluar. Teknik tersebut tak boleh dilakukan di bawah permukaan air.

4. Jangan jauh-jauh dari Pemandu atau Teman
Berusahalah tetap dekat dengan teman-teman satu grup dan pemandu. Tujuannya tak lain agar bisa saling mengawasi jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, misalnya kram atau kehabisan tenaga di tengah kegiatan snorkeling.

Itulah beberapa tips agar aman saat snorkeling di Umbul Ponggok Klaten. Jika sudah mampu ber-snorkeling dengan nyaman, maka tak ada lagi halangan untuk berfoto sebanyak-banyaknya di dalam air Umbul Ponggok yang jernih dan kemudian dipamerkan di media sosial.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten