SOLOPOS.COM - LABUHAN MERAPI -- Suasana prosesi Labuhan Merapi di Cangkringan, Sleman beberapa waktu lalu. Wisata Gunung Merapi menjadi unggulan wisata alam di Sleman. (JIBI/Harian Jogja/dok)

Angka tersebut diprediksi berdasarkan tren kunjungan pada libur lebaran selama tiga tahun terakhir.

Harianjogja.com, SLEMAN– Selama libur lebaran tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman menargetkan sebanyak 315.000 wisatawan berkunjung ke berbagai destinasi wisata. Angka tersebut diprediksi berdasarkan tren kunjungan pada libur lebaran selama tiga tahun terakhir.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Kepala Disbudpar Sleman AA Ayu Laksmidewi mengatakan, angka kunjungan wisatawan itu merupakan prediksi akumulasi selama libur lebaran yang dicatat selama sembilan hari. Mulai Sabtu (2/7) hingga Minggu (10/7) mendatang. “Kami berharap target tersebut dapat tercapai pada libur lebaran tahun ini. Sesuai trendnya, jumlah wisatawan yang berkunjung akan terus naik,” kata Ayu, Selasa (28/6).

Berdasarkan data Disbudpar Sleman, pada 2013 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung saat libur lebaran tercatat sebanyak 145.718 wisatawan. Jumlah tersebut tercatat dalam kurun waktu selama sembilan hari libur. Sementara pada 2014, destinasi wisata di Sleman dikunjungi oleh 239.971 wisatawan juga dalam kurun waktu sembilan hari libur. Adapun pada 2015, sebanyak 201.484 wisatawan tercatat mengunjungi Sleman dalam kurun waktu enam hari libur lebaran.

Ayu menjelaskan, data tersebut dicatat dan dilakukan oleh beberapa destinasi wisata Sleman. Meliputi obyek wisata alam, candi, museum, volcano tour dan desa wisata. Terkait target 315.000 wisatawan selama libur lebaran tahun ini, dia berharap kesiapan destinasi, akomodasi hotel dan desa wisata dilakukan sejak saat ini. “Kesiapan mereka dapat mendukung pencapaian target tersebut. Kami berharap pelayanan kepada wisatawan agar lebih baik lagi,” katanya.

Destinasi wisata Sleman yang diunggulkan selama musim liburan di antaranya kawasan wisata Kaliurang yang meliputi Tlogo Putri, Taman Rekreasi Anak, Gardu Pandang Kaliurang, Museum Ullen Sentalu. Selain itu Museum Gunungapi Merapi (MGM), Museum Monjali, Museum Dirgantara Mandala, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, serta desa-desa wisata.

Keberadaan destinasi baru yaitu Agrowisata Bhumi Merapi, Sindu Kusuma Edupark dan Jogja Bay Water Park dipastikan akan mendukung pencapaian target tersebut. Berbagai kesiapan untuk menyambut wisatawan telah dilakukan. Di antaranya adalah Agrowisata Bhumi Merapi yang menawarkan taman satwa diantaranya kambing, kelinci, ular, reptil, kura-kura dan taman herbal. Selain itu juga menawarkan wisata alam susur Goa Panggolo serta susur Kali Kuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya