SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Menara Base Transceiver Station (BTS) (JIBI/BISNIS/Dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Lonjakan trafik komunikasi terjadi di jalur selatan selama Lebaran karena banyak pemudik yang melewati jalur tersebut dibandingkan jalur utara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada kemungkinan tingginya trafik di jalur selatan selama Lebaran ini k

arena amblesnya Jembatan Comal sehingga banyak pemudik yang menggunakan jalur selatan dibandingkan jalur utara,” ujar GM Sales XL wilayah Jateng dan DIY Dedi Fahmi seperti dikutip Antara, Kamis (14/8/2014).

Trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kebumen dan Tegal yang berkontribusi 60% untuk penggunaan secara keseluruhan wilayah Jateng.

Bahkan dua daerah tersebut menjadi daerah tertinggi se Indonesia untuk lonjakan trafik, menurutnya selama Lebaran kemarin Jateng juga menjadi region dengan jumlah pelanggan terbesar yaitu 8.350.540 pelanggan.

Sementara itu untuk kenaikan trafik tersebut terjadi pada penggunaan SMS dan data karena banyak pemudik yang lebih memilih menggunakan data untuk layanan internet dan BBM serta SMS dibandingkan telepon atau voice.

Menurutnya kenaikan signifikan terjadi pada H-1 yang mencapai 12,1 persen untuk SMS dan 27,7 persen untuk data.

“Jateng merupakan jalur yang dilewati para pemudik, baik itu yang datang maupun sekedar lewat sehingga setiap Lebaran besaran peningkatan trafik di Jateng cukup signifikan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya