SOLOPOS.COM - Personel Polres Klaten berbincang dengan pengunjung Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (23/4/2023). (Istimewa/Humas Polres Klaten)

Solopos.com, KLATENPolres Klaten mengintensifkan pengamanan objek wisata selama momen libur Lebaran 2023. Ada puluhan objek wisata di Klaten yang diamankan Polisi termasuk sembilan di antaranya berstatus prioritas.

Pengamanan itu seperti yang dilakukan pada H+1 Idul Fitri 1444 Hijriah, Minggu (23/4/2023). Pengamanan dilakukan personel gabungan TNI-Polri, Pemkab, serta mitra kamtibmas Polres Klaten.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, melalui Kasi Humas Polres Klaten, Iptu Abdillah, mengatakan selain tetap melakukan pengaturan arus lalu lintas, personel gabungan mulai fokus melakukan pengamanan objek wisata sejak H+1 Lebaran.

“Sedikitnya ada 71 obyek wisata yang kami amankan, dengan sembilan di antaranya berstatus prioritas,” kata Iptu Abdillah, Senin (24/4/2023).

Pengamanan dilakukan secara maksimal untuk menekan kerawanan Kamtibmas seperti aksi kejahatan, kemacetan, maupun potensi kecelakaan bagi pengunjung. Ratusan personel ditempatkan di objek wisata hingga melakukan pengamanan secara mobil ke titik-titik rawan.

“Ramainya objek-objek wisata ini tentu saja menambah kerawanan kamtibmas. Polres Klaten menyiapkan tim yang ditugaskan khusus di lokasi-lokasi wisata,” jelas dia.

Iptu Abdillah mengimbau kepada pengelola dan pengunjung objek wisata tetap memperhatikan aspek keselamatan. khusus yang membawa anak kecil dihimbau agar selalu didampingi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Karena Klaten ini terkenal dengan wisata air, pastinya saat ini ramai, pengunjung agar selalu hati-hati. Safety jacket wajib dipakai saat naik wahana perahu wisata,” jelas dia.

Sebelumnya, Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho, mengatakan ada sekitar 61 destinasi wisata di Klaten mulai dari wisata air, alam, serta religi. Paling banyak destinasi wisata yakni wisata air.

Soal persiapan menghadapi libur Lebaran, Nugroho mengatakan sebelumnya para pengelola sudah diingatkan untuk mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya