SOLOPOS.COM - Wisatawan antre membeli jadah tempe di Umbulmartani, Ngemplak Sleman. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Penjualan kuliner oleh –oleh jadah tempe khas Kuliner melonjak selama libur Lebaran

Harianjogja.com, SLEMAN-Penjualan kuliner oleh –oleh jadah tempe khas Kuliner melonjak selama libur Lebaran. Selama hampir sepekan, salah satu pedagang makanan tradisional ini bahkan memproduksi jadah hingga 10 kali dalam sehari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sri Sutanti, salah satu karyawan toko kuliner Jadah Tempe Mbah Carik di Umbulmartani, Ngemplak mengatakan pembeli paling membludak pada H+4 dan H+5 Lebaran. “Minimal 10 kali masak di sini pas hari-hari itu,” terangnya ditemui, Senin (3/6/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan demikian, toko tersebut menghabiskan bahan baku setidaknya 2 kuintal beras ketan. Bahan ini masih ditambah dengan ratusan butir kelapa untuk mendapatkan rasa gurih khas jadah tempe ini.

Komoditas yang juga ramai diminati pembeli ialah wajik. Meski tak selaris jadah tempe, namun penjualan wajik juga meningkat hingga 3 kali lipat. Sebagian besar pembeli merupakan rombongan keluarga yang sedang mudik ke Jogja.

Adapula segelintir pengunjung yang datang dar luar Pulau Jawa dan kebetulan sedang berlibur ke Jogja. Sebagian besar membeli dalam jumlah banyak untuk dibawa sebagai buah tangan.

Sri mengatakan jika lonjakan pembeli kemungkinan akan berlanjut selama bulan Syawal. Biasanya, pembeli di bulan Syawal merupakan rombongan menggunakan bus yang mengadakan halal bihalal di kawasan objek wisata Kaliurang. Namun, masa liburan sekolah sendiri dinilai tidak akan berdampak banyak pada penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya