SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sejumlah objek wisata pantai di kawasan Gunungkidul masih menjadi kunjungan utama dari para wisatawan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Sejumlah objek wisata pantai di kawasan Gunungkidul masih menjadi kunjungan utama dari para wisatawan pada libur Lebaran 2017.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Hingga H+3 Lebaran, tercatat sebanyak 35.000 pengunjung memadati kawasan pantai yang ada di sepanjang pesisir selatan Gunungkidul. Diperkirakan, jumlah wisatawan akan mencapai puncaknya pada hari ini.

Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Gunungkidul Aris Sugiyantoro mengatakan, jumlah pengunjung yang datang ke kawasan pantai mulai menunjukkan peningkatan sejak Senin (26/6/2017).

Di mana pada hari Lebaran [Minggu (25/6/2017)], dari 12.000 wisatawan, 9.300 di antaranya memilih ke pantai. Jumlah wisatawan itu meningkat pada H+1 [Senin (26/6/2017)] menjadi total 39.554 wisatawan. Sedangkan, dari jumlah tersebut sebanyak 31.635 di antaranya memilih ke pantai.

“Sedangkan pada Selasa (27/6/2017) kemarin, kami mencatat ada 20.740 pengunjung ke pantai. Untuk hari ini kami perkirakan jumlahnya mencapai 35.000 pengunjung yang ke pantai,” katanya, Rabu (28/6/2017).

Menurut Aris jika dibandingkan tahun sebelumnya, ada penurunan jumlah pengunjung ke kawasan pantai Gunungkidul. Sebab, pada tahun lalu, pihaknya mencatat pada H+2 Lebaran, dari total 28.500 wisatawan, 22.800 wisatawan di antaranya memilih ke pantai.

Adapun faktor utama adanya penurunan jumlah wisatawan ke pantai, diperkirakan oleh Aris karena telah selesainya musim libur sekolah.

Meski demikian, Aris mengaku pihaknya optimistis mampu mencapai target pendapatan Rp2 miliar dari retribusi pada libur Lebaran. Hal ini dikarenakan, hingga H+2 Lebaran 2017, Dinas Pariwisata telah mendapatkan pemasukan senilai Rp927 juta dari retribusi masuk ke tempat wisata.

“Oleh karena itu kami akan optimalkan sisa waktu libur Lebaran kali ini,” imbuhnya.

Sementara pantauan Harianjogja.com di sejumlah jalan dan Tempat Penarikan Retribusi (TPR) menuju kawasan pantai menunjukkan kepadatan. Bahkan, kepolisian setempat telah melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Khusus untuk jalur menuju ke kawasan pantai, kepolisian setempat bahkan memberlakukan satu arah.

“Sistem satu arah kami berlakukan sejak Selasa (27/6/2017) dari jalan dekat Pantai Baron ke timur hingga Pertigaan Tepus sejauh 15 kilometer,” tambah Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono.

Menurutnya, semua bus yang akan menuju pantai diarahkan melalui Jalur Jalan Lintas Selatan  (JJLS), dan jalur  untuk kembali ke Jogja melalui Kecamatan Tepus. Sedangkan jalur utama hanya diperuntukkan untuk kendaraan pribadi menuju TPR. “Soal sampai kapan ini situasional pemberlakuannya,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya