SOLOPOS.COM - Ilustrasi sampah (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Di hari biasa petugas kebersihan mengangkut 220 ton per hari

Harianjogja.com, JOGJA—Aktivitas wisata selama libur Lebaran kali ini menghasilkan tambahan volume sampah 20 ton per hari. Di hari biasa petugas kebersihan mengangkut 220 ton per hari, selama sepekan terakhir kemarin menjadi 240 ton per hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja Suyana memaparkan kenaikan volume sampah sebesar 10% dari hari biasa itu sudah terjadi mulai hari pertama Lebaran. Banyak sampah koran dan lastik di lokasi-lokasi yang menjadi tempat Salat Id. Kemudian juga di lokasi-lokasi wisata.

Dia menganggap kenaikan volume sampah pada libur Lebaran ini masih dalam tahap wajar. Untuk mengangkut sampah-sampah tersebut, DLH mengerahkan sebanyak 350 petugas kebersiha sebagai penyapu dan pengangkut dari lokasi ke tempat pembuangan akhir,

“Jadi tidak sampai ada penumpukan sampah di tempat wisata,” kata Suyana, Sabtu (1/7/2017). Selain lokasi wisata, penyisiran petugas kebersihan juga tempat-tempat keramaian. Meski kenaikan volume sampah masih wajar, namun dia menyayangkan masih banyak sampah yang dibuang sembarangan alias tidak dibuang pada tempatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya