SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik Lebaran tiba kembali di Jakarta dengan kereta api kelas Ekonomi. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Sejumlah pemudik baru akan meninggalkan Gunungkidul pada hari terakhir dikarenakan sebelumnya kehabisan tiket.

Harianjogja.com, WONOSARI-Terminal Bus Dhaksinarga, Selang, Wonosari, Gunungkidul memperlihatkan aktifitas yang cukup sibuk pada hari terakhir liburan sekolah, Minggu (17/7) siang. Sejumlah pemudik baru akan meninggalkan Gunungkidul pada hari terakhir dikarenakan sebelumnya kehabisan tiket.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Salah seorang pemudik yang akan bertolak ke Bogor, Susanto bersama anaknya mengatakan bahwa ia memilih untuk kembali ke Bogor pada akhir liburan sekolah dikarenakan sejumlah alasan. Sebelumnya ia telah berencana kembali ke Bogor sebelum liburan berakhir, namun tak dapat melaksanakan niatan tersebut dikarenakan ia kehabisan tiket.

“Baru hari ini dapat tiket untuk kembali ke Bogor,” kata dia seperti dikutip beritasatu.com,  Minggu (17/7/2016).

Kehabisan tiket pulang pada arus balik yang terjadi pada minggu lalu membuatnya menunda jadwal. Susanto mengatakan kepulangannya kembali ke Bogor yang cukup terlambat tersebut diharapkannya dapat menghindar dari macet perjalanan.

“Mudah-mudahan tidak macet, karena semua sudah kembali ke rantau sebelumnya,” kata dia.

Sementara itu, dampak yang terbalik justru dirasakan oleh sejumlah agen bus di Terminal Dhaksinarga. Bukan kelarisan tiket namun justru mengalami penurunan jumlah pembeli. Seorang petugas salah satu agen bus AKAP, Agung Sujatmiko mengatakan Pada arus balik lebaran diakui tiket bus tak dapat terjual habis. Dibandingkan saat mudik tahun lalu, jumlah penumpang mengalami penurunan hingga 25 persen.

“Arus mudik dan balik lebaran tahun ini tidak seramai tahun lalu,” kata dia.

Setiap hari hanya sekitar 500 penumpang bertolak dari Gunungkidul menuju kota masing-masing yang didominasi tujuan Bandung dan Jakarta. Sebanyak 25 armada diterjunkan untuk memenuhi permintaan penumpang mudik ataupun arus balik pada lebaran ini.

Dikatakannya, mulai senin (18/7) tarif tiket sudah turun sekitar Rp100.000. Namun, untuk aktifitas agen normal kembali diperkirakan terjadi pada Rabu (20/7) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya