SOLOPOS.COM - Seorang petugas layanan penempatan kerja memberikan informasi seputar kesempatan kerja di Kulonprogo maupun luar daerah di Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kulonprogo, Jumat (8/7/2016). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)

Libur lebaran dimanfaatkan warga untuk mengakses layanan ketenagakerjaan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kulonprogo membuka layanan informasi penempatan kerja dan pembuatan kartu kuning atau AK1 pada masa cuti bersama libur lebaran, Jumat (8/7/2016) lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski tidak banyak masyarakat yang datang untuk mengaksesnya, layanan serupa akan dilakukan kembali pada tahun berikutnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kulonprogo, Heri Darmawan mengatakan, sejumlah petugas piket disiagakan sejak pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB pada H+2 lebaran kemarin. Menurutnya, ada sebagian masyarakat yang mungkin membutuhkan pelayanan di tengah masa liburan, terutama terkait AK1.

“Kami berusaha tetap melayani mereka yang mungkin memerlukan informasi atau ingin mendaftar lowongan kerja,” ucap Heri, Senin (11/7/2016).

Heri mengaku tidak ada satupun warga yang datang untuk mengurus AK1 pada hari itu. Meski begitu, ada 12 orang yang mencari informasi mengenai lowongan maupun program penempatan kerja. Beberapa diantaranya juga memasukkan lamaran kerja untuk mendaftar ke perusahaan di wilayah Batam dan Jawa Barat.

Heri berpendapat, waktu cuti bersama yang tersisa paska hari Idul Fitri memang hanya sehari tahun ini. Hal itu karena libur lebaran jatuh pada Rabu (6/7/2016) dan Kamis (7/7/2016). Sejak awal memang sudah diperkirakan jika jumlah masyarakat yang datang ke Dinsosnakertrans Kulonprogo bakal lebih sedikit dibanding sebelumnya.

“Meski lebih sedikit, layanan tetap dibuka demi memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengakses haknya,” kata Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya