SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pasar Klewer, Solo (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Pusat perbelanjaan tekstil dan produk tekstil terbesar di Jawa Tengah Pasar Klewer diserbu pemudik di pengujung libur Lebaran 2014 ini. Hal tersebut karena pemudik berburu oleh-oleh untuk diberikan kepada tetangga atau rekan kerja saat berada di perantauan.

Pejabat Humas Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani menyatakan sejak H+1 Lebaran atau Rabu (30/7/2014), pengunjung mulai memadati pasar tradisional tersebut. Hal ini karena banyak yang ingin membeli oleh-oleh baik pakaian atau makanan ringan. Namun diakuinya saat ini belum semua pedagang beroperasi seperti biasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini, pengunjung sangat banyak dan berjubel, yakni mencapai lebih dari 20.000 pengunjung. Hal itu lebih banyak dari yang kemarin [Rabu], bahkan makin siang makin ramai. Padahal baru 60% pedagang yang buka karena masih banyak [pedagang] yang bersilaturahmi ke saudara,” ungkap Kusbani kepada wartawan, Kamis (31/7/2014).

Menurut dia, hal tersebut lebih banyak jika dibandingkan hari sebelumnya, yakni 40% pedagang. Dia mengatakan pada Sabtu (2/8/2014) semua pedagang kemungkinan sudah mulai buka seperti biasa. Dia menjelaskan saat ini kebanyakan yang datang ke Pasar Klewer adalah pemudik.

Kebanyakan yang dicari adalah pakaian seperti blus, dress, batik sarimbitan, seprai, dan kain.  Namun penjualan makanan juga meningkat seperti paru, usus, intip dan brem. Hal ini karena pemudik biasanya membeli pakaian sekaligus makanan ringan untuk oleh-oleh. “Nominal transaksi di Pasar Klewer juga meningkat. Rata-rata transaksi yang dilakukan pembeli adalah Rp1 juta untuk sekali pembelanjaan,” paparnya.

Kusbani menyampaikan bakul masih jarang yang datang ke Pasar Klewer. Pihaknya memprediksi bakul, terutama dari luar Jawa, akan mulai banyak datang pada Senin (4/8/2014). Hal ini karena saat itu, jasa ekspedisi sudah mulai buka setelah libur Lebaran sehingga pengiriman akan menjadi lebih lancar. Dia menuturkan saat ini sudah ada bakul yang pesan untuk pengiriman Senin tapi jumlahnya masih terbatas.

Keramaian juga terjadi di Pusat Grosir Solo (PGS). Anggota staf Marketing dan Promosi PGS, Stefanus Adjie, menuturkan selama tiga hari sejak Selasa (29/7/2014), jumlah pengunjung terus meningkat. Menurut dia, pada Kamis ada peningkatan jumlah pengunjung dua sampai tiga kali lipat dari biasanya. Hal tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga Minggu.

Seperti halnya Pasar Klewer, pedagang di PGS juga belum sepenuhnya buka. Adjie menuturkan baru sekitar 90% pedagang yang buka dan akan sepenuhnya buka pada Jumat (1/8/2014). Lebih lanjut, dia juga menuturkan untuk menghadapi lonjakan pengunjung tersebut, sejak H-7 Lebaran, pihaknya menambah jumlah personel pengamanan sebanyak 30%. Hal tersebut dilakukan untuk memberi kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya