SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO —Tarif rental mobil saat libur Lebaran 2014 ini naik 100%. Meski demikian, kenaikan harga sewa itu tak menyurutkan minat masyarakat memanfaatkan jasa persewaan mobil tersebut, bahkan pemilik rental tak jarang menolak permintaan konsumen.

Pemilik Rental Mobil Sari, Mita Wulandari, menyampaikan hingga 5 Agustus, 16 unit mobil miliknya sudah semua disewa. Kebanyakan pemesanan sudah dilakukan dua sampai tiga pekan sebelum Lebaran 2014.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebanyakan permintaan adalah untuk disewa tiga hari dan lima hari. Mobil rental tersebut biasanya dibawa ke luar kota untuk bersilaturahmi ke keluarga atau berlibur di Jateng dan DIY.

Ekspedisi Mudik 2024

“Selama libur Lebaran ini tarif rental naik dari Rp225.000 per 12 jam menjadi Rp450.000 per 12 jam untuk Xenia, Luxio, dan Ayla. Elf dari sebelumnya Rp400.000 per 12 jam menjadi Rp600.000 per 12 jam sedangkan pikap juga naik menjadi Rp250.000 dari Rp150.000 per 12 jam,” ungkap Mita di tempat usahanya, Kamis (31/7/2014).

Dia menjelaskan kenaikan tarif tersebut biasa dilakukan saat Lebaran oleh pengusaha rental mobil. Dia mengatakan kenaikan tarif dilakukan sejak Minggu (20/7/2014) dan akan kembali normal ke harga awal mulai Senin (4/8/2014). Meski harga sewa tinggi, tapi permintaan terus datang bahkan dia mengaku sampai menolak pesanan karena tidak ada unit yang kosong.

Menurut dia, kondisi tersebut terjadi di semua rental mobil sehingga pihaknya tidak bisa meminjam mobil dari pengusaha rental yang lain. “Kalau pinjam paling ke teman yang punya mobil tapi kebetulan tidak dipakai saat libur Lebaran,” kata dia.

Ketua Asosiasi Rental Mobil Soloraya (Aremso), Samrodin, menuturkan rental mobil memang sudah penuh hingga H+7 Lebaran karena sudah dipesan sebelum Lebaran. Menurut dia, mobil sewaan tersebut biasanya digunakan untuk menuju ke daerah di sekitar Solo. “Total anggota Aremso ada 37 pengusaha dengan total 400 mobil dan semuanya sudah disewa,” paparnya.

Diakuinya semua pengusaha rental mobil menaikkan tarif saat libur Lebaran. Dia mengaku menaikkan tarif hingga 30% dan berlaku hingga Minggu (3/8/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya