SOLOPOS.COM - Ilustrasi Imlek (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi Imlek (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Libur Imlek ke mana ya?  Batam, Bandung dan Bintan masuk ke dalam 10 destinasi yang dituju wisatawan Singapura untuk merayakan Tahun Baru Imlek 10 Februari 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data tersebut terlihat dari tren pencarian kamar hotel melalui Wego.com, situs pencari dan pembanding informasi perjalanan yang terkemuka di Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Menurut rilisnya, tren pencarian kamar hotel menjelang Tahun Baru Imlek 2564 yang jatuh pada 10 Februari 2013,
volume pencarian kamar hotel melalui Wego.com terus meningkat.

Ekspedisi Mudik 2024

Terutama pengguna Wego dari Singapura dan Hong Kong. Hampir satu dari lima pencarian hotel di Singapura datang dari pengguna Wego di dua kota tersebut.

Tren pencarian di Wego.com juga menunjukkan bahwa wisatawan asal Singapura lebih memilih menginap di hotel-hotel lokal.

Pencarian resor di Bintan juga mengalami peningkatan siginifikan, yaitu 5% total pencarian. Adapun jumlah pencarian hotel di Batam sama besarnya dengan pencarian hotel di Bangkok.

“Tahun ini, ada kecenderungan orang Singapura lebih suka tetap di negara mereka untuk perayaan Tahun Baru Imlek. Kalaupun bepergian, mereka tidak ingin pergi terlalu jauh,” kata Dean Wicks, Chief Marketing Officer Wego.

Singapura juga menjadi tujuan utama para traveler dari Hong Kong untuk merayakan Tahun Baru Imlek, terlihat dari meningkatnya volume pencarian hotel melalui Wego.com. Diikuti oleh pencarian hotel di Okinawa, Macau, Seoul dan Hong Kong.

Tren itu bergeser dari tahun sebelumnya, Bangkok, Osaka, Seoul dan Taipei menjadi destinasi favorit wisatawan asal Hong Kong. “Sebanyak 9 dari 10 pengguna Wego di Hong Kong masih memilih untuk merayakan tahun baru Imlek di luar negeri, antara lain ke Korea. Kita bisa lihat ini sebagai fenomena popularitas Korea Selatan dengan Gangnam Style-nya, yang juga sudah populer pada Tahun Baru imlek 2012.” kata Wicks.

Dalam daftar 10 destinasi perayaan Tahun Baru Imlek populer bagi pengguna Wego di Hong Kong,  Macau dan Okinawa menjadi pendatang baru yang langsung menempati peringkat tinggi. Setelah itu, diikuti Nantou City, Kuala Lumpur, Koror, Cebu and Shenzhen.

Sementara tren pencarian tiket pesawat dari Singapura ke Melbourne dan Auckland mengalami peningkatan pada periode Tahun Baru Imlek. Tren terbaru tahun ini juga mengacu pada pencarian tiket pesawat dari Singapura ke Yangon dan Chennai.

Namun, tiket pesawat terbang ke Bangkok dari Singapura masih paling banyak diburu. Adapun dari Hong Kong, penerbangan populer masih menuju Singapura, Seoul, Taipei dan Tokyo. Setelah itu, diikuti Fuzhou, Jeju, Fukuoka, Nanning dan Koror.

“Data ini menunjukkan traveler Hong Kong sangat berminat untuk bepergian ke luar kota dan melakukan aktivitas outdoor. Banyak sekali wisatawan pergi ke Nantou City, daerah terbesar ke dua di Taiwan yang banyak memiliki pegunungan spektakuler,” kata Wicks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya