SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Sejumlah perusahaan otobus (PO) mulai mengerahkan armada tambahan untuk mengangkut tingginya penumpang selama libur panjang akhir pekan.

Kepala Cabang Pahala Kencana Solo, Brata Jaya, menyampaikan armada tambahan mulai dikerahkan Sabtu (12/10/2013) untuk mengangkut tingginya penumpang mudik dari Jakarta dan Bandung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hari ini [Sabtu] ada 15 armada yang masuk. Sudah ada peningkatan frekuensi kedatangan karena kalau hari-hari biasa atau akhir pekan biasa, armada yang masuk Solo hanya sekitar sembilan hingga sepuluh. Paling banyak dua belas armada,” jelas Brata, saat ditemui solopos.com, di ruang kerjanya, Sabtu.

Brata mengatakan kepadatan penumpang bus arah Jakarta-Solo terjadi Sabtu hingga Minggu. Bahkan dimungkinkan masih akan berlanjut di Senin (14/10/2013) besok. “Semua bus dari Jakarta penuh. Baik eksekutif maupun VIP.” Bus juga tidak hanya mengangkut penumpang yang turun di Solo tapi juga sampai Blitar dan Ponorogo.

Untuk arus balik pasca-Idul Adha, Selasa (15/10), Brata menambahkan sampai dengan akhir pekan kemarin belum ada peningkatan reservasi yang signifikan. Kondisi ini berbeda dengan armada maskapai dan kereta api yang sudah dipesan sejak jauh-jauh hari. Karakter penumpang bus biasanya membeli tiket secara langsung begitu saat keberangkatan bus.

“Tapi kami sudah siap, pada Selasa dan Rabu (16/10) kami akan kerahkan armada sekitar 18 unit.”

Delapan belas armada itu nantinya tidak hanya melayani penumpang balik ke Jakarta tetapi juga ke Bandung dan Denpasar.

“Yang ke Denpasar satu unit bus eksekutif dan yang lain ke Jakarta dan Bandung. Jakarta paling banyak mungkin sampai 12 unit.” Soal tarif bus, Brata mengatakan tidak ada kenaikan. Tarif masih sama seperti hari biasa seperti bus eksekutif ke Jakarta senilai Rp180.000 per penumpang dan bus VIP senilai Rp150.000 per penumpang.

Selain Pahala Kencana, bus Rosalia Indah juga berencana mengoperasikan sepuluh armada tambahan mulai Rabu (16/10). Penambahan armada dilakukan untuk memenuhi permintaan calon penumang yang hendak balik ke Jakarta pasca-Idul Adha. Operation Manager Rosalia Indah Tour and Travel, Endang Sri Rejeki, mengatakan tiket balik ke Jakarta ludes sampai perjalanan Rabu.

Sementara puncak kepadatan penumpang bus Jakarta Solo terjadi Sabtu dan Minggu. “Untuk hari Rabu semua tiket perjalanan dari lima kelas bus sudah habis,” kata Endang.

Sehingga untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada Rabu, Rosalia Indah menambah armada yang dikerahkan sebanyak sepuluh armada. Jika pada hari biasa hanya 50 armada yang dipakai, Rabu besok akan ada 60 armada yang beroperasi.

Di Rosalia Indah, jelas dia, ada lima kelas bus yang terdiri atas super eksekutif dengan kapasitas 22 orang, bus eksekutif kapasitas 34 orang, VIP kapasitas 40 orang, patas AC dan non AC masing-masing 45 orang.

“Kebutuhan armada cukup tinggi karena start kami tidak hanya dari Solo tapi ada yang dari Madiun, Jogja dan Surabaya.”

Tujuannya pun tidak hanya Jakarta tapi Jabodetabek, Merak dan Lampung. Endang mengatakan tidak semua penumpang bus Rosalia Indah membeli tiket seketika saat mendekati hari keberangkatan. “Ada juga yang sudah pesan sejak sepekan sebelumnya.”

Selain bus penumpang, Rosalia Indah juga kewalahan melayani bus pariwista. Permintaan saat libur panjang ini cukup tinggi. “Sudah 15 unit bus yang dipesan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya