Kategori: Gunung Kidul

LIBUR AKHIR TAHUN : SAR Pantai Gunungkidul Dapat Tambahan Kapal dan Jetski


Solopos.com/Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja

Search and Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah II Gunungkidul mendapatkan bantuan alat pengamanan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL— Dalam rangka menjaga keamanan wilayah pantai Search and Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah II Gunungkidul mendapatkan bantuan alat pengamanan. Ramainya kunjungan di objek wisata pantai saat musim libur Natal dan Tahun Baru dinilai perlu ada pengamanan ekstra.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini pihaknya mendapatkan bantuan baik alat maupun personil untuk pengamanan wisatawan. Bantuan datang dari Badan Penangulangan Bencana Derah (BPBD) DIY dan Badan SAR Nasional (Basarnas).

“Dari BPBD DIY kami dapat pinjaman satu kapal untuk pengamanan. Sementara  dari Basarnas membantu ikut pengamanan 10 personil dan dua jetski,“ kata dia kepada wartawan, Senin (25/12/2017).

Untuk satu buah kapal saat ini disiagakan di Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari. Sedangkan dua jetski milik BASARNAS disiagakan di Pantai Pulangsawal, atau yang lebih dikenal dengan  Pantai Indrayanti.

Penempatan peralatan keamanan di dua pantai tersebut dikarenakan memiliki kerawanan yang tinggi dan juga menjadi pantai yang paling banyak dikunjungi.

Marjono berharap dengan adanya tambahan bantuan peralatan maupun personil pengamanan, petugas dapat semakin cepat merespon jika terjadi kecelakaan laut. “Kalau ada kapal atau jetski pertolongan yang diberikan dapat lebih cepat, sehingga bisa meminimalisir adanya korban jiwa,” ujarnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Nina Atmasari