SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bandara Adi Soemarmo (JIBI/Solopos/Dok.)

Libur akhir tahun dimanfaatkan untuk bepergian.

Solopos.com, SOLO — Mendekati Natal, kenaikan jumlah penumpang di Bandara Adi Soemarmo terus meningkat, bahkan mencapai 60% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pembukaan rute baru ke sejumlah wilayah di Indonesia mendorong kenaikan jumlah penumpang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Dian Ratih Ristauri, mengatakan sejak Minggu (18/12/2016) mulai terlihat ada kenaikan jumlah penumpang. Jumlah penumpang pesawat tahun ini dipastikan naik seiring dengan banyaknya rute baru yang dibuka, diantaranya Makassar, Denpasar, Lombok, Banjarmasin, Palangkaraya, Kupang, Tarakan, dan Pontianak.

“Jumat sore diprediksi puncak penumpang menjelang Natal, tidak hanya menuju Solo tapi juga dari Solo. Tahun ini jumlah penumpang diprediksi naik hingga 50% jika dibandingkan tahun lalu,” ungkap wanita yang akrab disapa Ratih ini kepada Solopos.com, Kamis (22/12/2016).

Hingga Rabu (21/12), jumlah penumpang yang datang mencapai 5.061 orang dengan 33 jadwal atau naik 65%. Jumlah penumpang yang berangkat juga naik meski tidak setingga datang, yakni naik 60% menjadi 4.395 orang dari sebelumnya 2.753 orang. Tingginya jumlah penumpang yang datang ini menunjukkan Solo mulai menjadi pilihan untuk berlibur.

Ratih mengatakan selama libur panjang ini, Sriwijaya Air mengoperasikan extra flight atau jadwal tambahan dua kali sehari, yakni take off pukul 19.15 WIB dan 20.15 WIB yang dioperasikan pada Selasa-Senin (20-26/12). Lion Air juga mengajukan jadwal tambahan tapi izin belum keluar dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Karakter penumpang saat ini mulai ada pergeseran, tidak hanya penumpang yang datang ke Solo yang ramai tapi masyarakat dari Solo dan sekitarnya yang memanfaatkan transportasi udara untuk pergi berlibur juga naik.

Lebih lanjut, dia mengatakan selama libur Natal dan Tahun Baru, posko akan disiagakan pada 18 Desember 2016-7 Januari 2017. Posko ini dilengkapi dengan pusat informasi dan layanan kesehatan yang bekerja sama dengan TNI AU Adi Sumarmo dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Adi Sumarmo.

“Kami juga mengubah penataan di area check in, dimana konter maskapai lebih mundur sehingga mampu menampung lebih banyak penumpang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya