Kategori: Gunung Kidul

LIBUR AKHIR TAHUN : Macet, Jalur Pantai Gunungkidul Diberlakukan Satu Arah


Solopos.com/Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja

Pada libur Natal dan Tahun Baru kawasan pantai dipadati wisatawan

 
Solopos.com, GUNUNGKIDUL—Pada libur Natal dan Tahun Baru kawasan pantai dipadati wisatawan. Akibatnya sejumlah jalur menuju pantai pun mengalami kecamatan sehingga diberlakukan satu arah

Kepala Satuan Lalu lintas Poles Gunungkidul, AKP Mega Tetuka mengatakan kepadatan arus lalu lintas di jalur menuju pantai sudah terjadi sejak Minggu (24/12/2017).

Selain peningkatan jumlah volume kendaraan pada Minggu siang terdapat bus yang mogok hingga mengakibatkan kemacetan. “Untuk itu sejak kemarin [Minggu] sudah kami berlakukan satu arah,” kata dia, Senin (25/12/2017).

Masuknya wisatawan dialihkan menjadi satu jalur yakni jalan utama tempat pemungutan retribusi (TPR) Induk Pantai Baron. Sementara untuk jalur keluar kendaraan wisatawan dialihkan menjadi satu jalur yakni TPR Kecamatan Tepus.

“Rekayasa lalu lintas ini kami berlakukan karena berdasarkan pantauan di beberapa titik mengalami kemacetan karena terdapat papan dua bus,” kata Mega.

Sebelumnya, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady mengatakan sejumlah jalur yang rawan kepadatan saat libur panjang adalah di sepanjang jalur pantai. Sejumlah titik seperti di Kecamtan Tepus dan Kecamatan Tanjungsari kerap terjadi kemacetan saat musim libur. Sekema buka tutup dan pemberlakuan jalur satu arah pun disiapakan di dua titik tersebut jika terjadi kepadatan.

“Kami melihat situasi dan kondisi kalau memang terjadi kepadatan pengalihan arus dan sistem buka tutup akan kami berlakukan,” kata dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Nina Atmasari