SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ratusan ribu penumpang tercatat masuk dan keluar DIY baik lewat stasiun Tugu maupun Lempuyangan.

 

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi penumpang kereta api (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA – Kereta Api tetap menjadi moda transportasi favorit menuju DIY selama liburan Natal dan Tahun Baru kali ini. Ratusan ribu penumpang tercatat masuk dan keluar DIY baik lewat stasiun Tugu maupun Lempuyangan.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Eko Budiyanto mengatakan Sejak 20 Desember lalu sebanyak 269,688 penumpang memanfaatkan moda transportasi ini. 79.776 di antaranya menggunakan kereta Ekonomi.  Sementara 30.791 memanfaatkan kereta kelas Bisnis. Untuk kelas Eksekutif, tercatat sebanyak 40,416 penumpang yang memilih kelas tertinggi ini.

“Lonjakan terjadi 23 Desember lalu. Sebanyak 33.569 penumpang masuk untuk berlibur natal,” ujar dia, Rabu (30/12/2015).

Untuk masa libur Tahun Baru, Eko memperkirakan akan kembali terjadi lonjakan penumpang 3 Januari mendatang karena saat itu adalah saat berakhirnya liburan sekaligus menjadi masa arus balik penumpang.

Eko mengatakan jumlah ini meleset dari perkiraan semula. Mereka memperkirakan kenaikan jumlah penumpang sebesar dua persen. Namun sampai saat ini jumlah yang ada melebihi perkiraan. Dibandingkan 2014, jumlah pengguna kereta naik secara signifikan.

Dia mencatat, prosentase penumpang kereta kelas eksekutif naik 64% dibanding tahun lalu. Kelas Bisnis juga mengalami kenaikan sebesar 65%. Sementara kelas Ekonomi dan kereta lokal masing-masing mengalami kenaikan jumlah penumpang sebesar 59%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya