SOLOPOS.COM - Salah satu pedagang ikan laut di Pasar Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Minggu (1/1/2016) pagi. (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Libur akhir tahun di Bantul, harga ikan laut melambung

Harianjogja.com, BANTUL-Meningkatnya jumlah kunjungan saat libur tahun baru benar-benar dimanfaatkan oleh pedagang ikan laut di Pantai Depok untuk meraup untung sebanyak-banyaknya. Betapa tidak, mereka nekat menaikkan harga ikan laut hingga lebih dari 100%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari pantauan Harianjogja.com di lapangan, harga cumi-cumi yang biasanya berada di kisaran Rp50.000-60.000 per kilogramnya, kini mencapai Rp80.000-100.000. Kepiting, yang biasanya berkisar Rp80.000 per kilogram, kini bisa mencapai Rp150.000 per kilogram.

Begitu pula dengan ikan cakalang. Harga komoditas yang nyaris selalu dicari konsumen ini melonjak hingga Rp30.000 per kilogramnya, dari semula hanya berkisar Rp18.000-20.000 per kilogram.

Ny.Riyadi, salah satu pedagang mengakui, selain momentum liburan, kenaikan itu sebenarnya juga dipicu minimnya pasokan ikan dari luar Bantul. Menurutnya, permintaan konsumen yang beragam memang memaksa pedagang ikan di Depok memiliki ketergantungan dengan pemasok ikan dari luar Bantul.

“Contohnya cumi-cumi dan kepiting, nelayan lokal tak mungkin mampu menangkapnya,” katanya, Minggu (1/1/2017).

Kenaikan harga itu, dibantahnya hanya terjadi saat liburan Tahun Baru saja. Ditegaskannya, kenaikan harga itu sejatinya sudah terjadi sejak dua pekan lalu. “Jadi bukan karena liburan ini saja,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya