SOLOPOS.COM - Logo Gunungkidul

Tim ini siap dipanggil kapan saja

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Kesehatan Gunungkidul menyiapkan Tim Gerak Cepat untuk berjaga-jaga apabila ada kejadian luar biasa selama libur akhir tahun. Tim ini siap dipanggil kapan saja untuk memberikan pertolongan saat terjadi kejadian.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut libur natal dan tahun baru. Beberapa persiapan yang dilakukan di antaranya membangun posko kesehatan di sejumlah titik destinasi wisata, pelayanan UGD puskesmas selama 24 jam hingga penyiapan tim gerak cepat.

“Semua sudah siap untuk diterjunkan selama libur akhir tahun,” kata Dewi kepada wartawan, Kamis (21/12/2017).

Dia menjelaskan, tim gerak cepat disediakan untuk memberikan pertolongan saat terjadi kejadian yang luar biasa. Oleh karenanya, tim ini bisa dipanggil kapan saja sehingga dapat memberikan pertolongan secepatnya. “Untuk mendukung operasional dari tim ini juga menyediakan dua armada Gunungkidul Emergency Services guna memberikan pertolongan,” ujar Dewi.

Selain antisipasi dengan tim gerak cepat, untuk menyambut libur panjang, dinas kesehatan juga telah menginstruksikan agar seluruh layanan puskesmas tetap buka seperti biasa. “Meski libur, kami tidak ingin pelayanan kesehatan terganggu. Jadi untuk antisipasi kami sudah persiapkan berbagai layanan baik yang mobile maupun dalam pelayanan di puskesmas,” tutur mantan Sekretaris Dinas Kesehatan ini.

Sementara itu, untuk posko kesehatan di lokasi wisata akan berjalan mulai 24-31 Desember 2017. Beberapa posko yang akan didirikan di antaranya di Pantai Wediombo, Sundak, Baron, Ngrenehan, Nguyahan, Srigetuk, Nglanggeran, Kalisuci, dan Gua Pindul. “Mudah-mudahan semua dapat berjalan lancar dan saat ada kejadian bisa langsung tertangani dengan baik,” imbuhnya.

Di sisi lain, untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas selama libur, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul sudah menyiapkan rekayasa arus, khususnya di jalur Watuondo yang sedang dalam proses perbaikan. Kepala Satlantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai alternatif untuk kelancaran arus lalu lintas. “Harapannya perbaikan di jalur Watuondo selesai tepat waktu, yakni sebelum libur tahun baru,” katanya.

Meski demikian, untuk mengantisipasi mundurnya pengerjaan, rekayasa arus lalu lintas telah dipersiapkan. Rencananya untuk kendaraan dari Jogja akan dilewatkan melalui Sambipitu ke arah kiri menuju Nglipar ke Wonosari. Sementara, kendaraan yang melaju dari Wonosari akan diarahkan melintas melalui wilayah Getas menuju Dlingo, Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya