Kategori: Nasional

Libur Akhir Tahun di Jogja yang Aman, Enaknya ke Mana Ya?


Solopos.com/BC

Solopos.com, SOLO -- Jogja masih menjadi kota yang paling banyak diincar di masa libur akhir tahun 2020 mendatang.

Meskipun begitu, banyak wisatawan yang masih bingung ke mana saja ketika liburan ke Jogja saat akhir tahun.

Doa Supaya Hujan Berhenti Sesuai Ajaran Nabi Muhammad

Apalagi situasi pandemi Covid-19 yang masih menyelimuti Tanah Air, mereka ingin mencari wisata aman saat libur akhir tahun di Jogja.

Ternyata ada salah satu tempat wisata yang sudah dijamin keamanan dan kenyamanannya di Jogja, yaitu Taman Pintar Yogyakarta.

10 Calon Kepala Daerah Terkaya di Pilkada 2020, Gibran Masuk?

Hal ini dikarenakan wisata yang mengusung tema pendidikan ini sudah mendapatkan sertifikat Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability atau CHSE yang isinya memastikan Taman Pintar Yogyakarta sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bahkan, wisata yang banyak diminati anak-anak di Jogja apalagi saat momen libur akhir tahun ini sudah mengantongi sertifikat tersebut sejak Juni 2020 lalu. Sehingga Taman Pintar Yogyakarta berani untuk melayani pengunjung hingga sekarang.

Biar Anak Mau Makan Sayur, Ahli Ungkap Rahasianya

"Alhamdulilah Taman Pintar Yogyakarta sebelum buka layanan 8 Juli 2020 lalu, kami telah melewati serangkaian protokol CHSE, mulai dari simulasi sampai pada verifikasi sampai pada kita uji coba CHSE. Penerapan CHSE di Taman Pintar, salah satunya adalah dengan penyediaan sarana prasarana dan penyusunan SOP-nya. SOP-nya sudah kami susun dan terlaksana dengan baik," terang Afia Rosdiana, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta kepada Solopos.com pada Jumat (27/11/2020).

Kamu Alami Hal Ini? Hati-hati Bisa Jadi Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah

Protokol Kesehatan di Taman Pintar Yogyakarta

Dengan adanya CHSE tersebut, pengunjung Taman Pintar Yogyakarta diwajibkan mengenakan masker selama berada di dalam area wisata. Selain itu, mereka juga diminta untuk menjaga jarak dan rutin mencuci tangan dengan sabun.

Untuk penerapan jaga jarak sendiri, Taman Pintar Yogyakarta juga membagi area menjadi enam check point. Hal tersebut agar tidak terjadi penumpukan pengunjung di satu area saja.

Tak Hanya Olahraga, Ini Rahasia Anak Muda Tetap Bugar Selama Pandemi

"Pengunjung untuk masuk ke area harus wajib pakai masker dan kita sediakan sarana cuci tangan. Selain itu, ada pengukuran suhu sebelum masuk ke Taman Pintar dan pencatatan data pengunjung via QR Code yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Sebagai edukasi dan pengingat, setiap 15 menit ada pengumumanan lewat audio untuk para pengunjung tetap pake masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Kemudian, untuk masuk ke seluruh gedung ada istilahnya check point sehingga bisa menjaga kapasitas yang ada di dalam gedung," tambah Afi.

Pengin Berat Badan Turun? Ini Doa Agar Diet Berjalan Lancar

Selain itu, pengelola Taman Pintar Yogyakarta juga rutin melakukan desinfektan seminggu sekali setiap Senin.

Libur Akhir Tahun Bareng Taman Pintar Yogyakarta                                        

Di momen libur akhir tahun ini, ternyata juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 12 Taman Pintar Yogyakarta atau Jogja hlo.

Sehingga banyak promo dan agenda acara yang sayang kamu lewatkan. Dengan mengusung tema Adapt Make It Better, pengelola akan siap memberikan layanan prima dan maksimal kepada pengunjung.

Cara Mendidik Anak Biar Tidak Manja, Apa Sih Rahasianya?

Tak hanya itu, Taman Pintar Yogyakarta juga akan meresmikan zona wisata terbaru yang bisa dinikmati para pengunjung saat momen libur akhir tahun di Jogja. Beberapa di antaranya adalah Go Nature, Go Back Carton dan pembaharuan Zona Lalu Lintas.

Beberapa wahana di Taman Pintar Yogyakarta (Istimewa).

"Kami juga melakukan revitalisasi pada Zona Rumah Batik dengan diperluas agar pengunjung semakin nyaman dan bisa menikmati layanan dan liburan akhir tahun dengan aman di Taman Pintar," imbuh Afi.

Cek di Sini! Ini Gejala Covid-19 pada Anak yang Kerap Disepelekan Orang Tua

Bagi kamu yang tak sempat ke Jogja, Taman Pintar juga menyediakan wahana rekreasi secara daring yang bernama Taman Sciensation Tour.

Dengan mengikuti acara tersebut, kamu bisa menikmati setiap sudut yang ada di Taman Pintar Yogyakarta secara online melalui aplikasi Zoom.

Tetap Aman Berenang di Kolam Renang Umum dengan Protokol Kesehatan Ini

Adapun Taman Sciensation Tour diadakan setiap Rabu - Jumat selama 60 menit dengan biaya Rp12.000 orang. Akan tetapi, kamu dan rombonganmu wajib daftar dulu di 0857-2973-9999.

Taman Pintar Yogyakarta sendiri buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari pukul 08.00 - 16.00 WIB. Untuk tarifnya detailnya, kamu bisa cek di sini.

5 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Berdampak Buruk ke Anak, Nomor 4 Kok Ngeri Ya?

Deretan Make Up Artis Pria Indonesia, Lengkap dengan Tarifnya

Berita Wisata Lainnya

 

Share
Dipublikasikan oleh
Nugroho Meidinata