SOLOPOS.COM - Suasana di Bandara Adisutjipto Jogja (JIBI/Harian Jogja/Mediani Dyah Natalia)

Harianjogja.com, SLEMAN—Libur akhir tahun 2013 jumlah penumpang pesawat di Bandara Adisutjipto diperkirakan meningkat 11% dan berlangsung dalam kurun waktu12 hari.

Asisten Manajer Data dan Informasi PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Faizal Indra Kusuma mengatakan lonjakan jumlah penumpang pesawat umumnya terjadi dalam tiga momen, yakni libur lebaran, libur sekolah dan libur Natal hingga Tahun Baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari ketiganya, lonjakan penumpang tertinggi tetap terjadi di musim Lebaran dan terjadi pada tiga hari sebelum dan sesudah Lebaran.

“Tetapi jumlah penumpang di akhir tahun juga cukup baik. Jika pada hari normal, jumlah penumpang 7.000 sampai 8.000 orang per hari, pada momen khusus itu bisa menembus 10.000 orang per hari atau meningkat 11%,” kata Faizal kepada Harian Jogja saat ditemui di kantornya, Kamis (13/11/2013).

Jumlah itu, kata dia, baru kisaran jumlah penumpang datang. Bila ditotal jumlah penumpang datang dan pergi di Bandara Adisucipto pada hari normal berkisar 14.000-16.000 orang per hari. Pada hari libur panjang, total jumlah penumpang mencapai 20.000 orang per hari.

Faizal juga memperkirakan peningkatan jumlah penumpang ini akan terasa awet. Sebab tanggal merah terjadi di tengah hari kerja.

“Tergantung tanggal merah jatuh hari apa. Kalau tanggal merah jatuh hari Senin, hari Jumat jumlah penumpang sudah penuh,” kata dia.

Pada libur natal 2013 dan tahun baru 2014 mendatang, imbuhnya, terjadi pada hari Rabu. Ia memprediksi cuti kerja akan terjadi pada 26-31 Desember 2013. Dari perkiraan ini, peningkatan jumlah penumpang terjadi pada 24 Desember 2013.

Namun, Faizal menuturkan peningkatan pada 24 Desember 2013 belum terasa signifikan. Paska-peringatan natal, lonjakan penumpang baru terasa signifikan. Arus balik diperkirakan terjadi pada 29 Desember 2013.

Kemungkinan, ujar dia, libur akhir tahun ini berlanjut usai peringatan tahun baru. Sebab 1 Januari 2014 kembali jatuh pada hari Rabu.

“Mungkin akan ramai lagi. Karena ada yang ingin libur setelah tanggal 1 Januari 2013. Jika benar, kemungkinan lonjakan kembali terjadi setelah tahun baru. Minggu depannya, jika penumpang tidak ambil cuti, arus balik terjadi pada 4-5 Januari 2013,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya